Ribuan Warga Jatim Ikut Mudik Bareng Gratis Hari Ini

Ribuan Warga Jatim Ikut Mudik Bareng Gratis Hari Ini

Potret mobil polisi yang mengawal keberangkatan 96 bus mudik gratis di depan kantor Dishub Jatim, Minggu, 7 April 2024.-Teddy Indani Fi Syabilillah -

SURABAYA, HARIAN DISWAY Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Dinas Perhubungan kembali mengadakan program Mudik Bareng Gratis menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M.

Tahun ini ada 3.840 peserta mudik yang telah diberangkatkan hari ini dari halaman Kantor Dishub Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu, 7 April 2024.

Menurut Kepala Dishub Jatim Nyono, ada 96 armada bus berkapasitas 40 penumpang yang telah disiapkan. Mereka akan melayani 17 rute menuju 20 kabupaten/kota tujuan.

BACA JUGA: 55 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Malang pada Lebaran 2024

"Sebagai upaya terwujudnya penyelenggaraan angkutan lebaran 2024 di Jawa Timur yang aman dan lancar. Harapannya bisa membantu meringankan beban (ongkos) masyarakat," ucap Nyono.

Selain aspek ekonomi, program mudik gratis ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Jatim untuk membantu mengurangi penumpukan penumpang di terminal-terminal utama, seperti Terminal Purabaya.

"Anggaran angkutan mudik gratis 2024 dibiayai oleh APBD Jawa Timur serta dukungan penyediaan bus dari PT Jasa Raharja dan beberapa BUMD di Jatim," imbuhnya.

BACA JUGA: Puskesmas dan Labkesda di Surabaya Tetap Buka Selama Libur Lebaran 2024, Jam Operasional Diubah


Potret pemudik sedang mencari busnya yang tersakiti di Frontage Road Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu, 7 April 2024.-Teddy Indani Fi Syabilillah -

Pemberangkatan bus dilakukan PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono. Ia secara simbolis mengibaskan bendera yang kemudian diikuti suara klakson dari satu per satu bus yang berangkat.

Adhy bersama Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, Kadishub Nyono, dan Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur Tamrin Silalahi melambaikan tangan kepada para pemudik.

"Ini menjadi bagian kepedulian Pemprov Jatim bersama stakeholder terkait. Baik dari sisi keamanan maupun sisi ekonomi," ucap Adhy dalam sambutannya.

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran 2024: 551.876 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek, Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu

Adhy berpesan kepada sopir dan kru untuk mengutamakan keselamatan. Selalu berhati-hati dan cek kondisi kendaraan serta badan. "Yang penting adalah sampai ke tempat tujuan. Jangan terburu-buru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: