Banjir Semalaman, Jalan Desa Kedungbocok Longsor

Banjir Semalaman, Jalan Desa Kedungbocok Longsor

Akibat hujan yang terus turun semalam membuat daerah sekitar Jalan Jendral S Parman V Krajen Kulon Waru Sidoarjo terendam banjir dengan ketinggian air di atas mata kaki orang dewasa, Senin 8 April 2024. -M Azizi Yofiansyah-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Beberapa daerah di Jatim diguyur hujan dengan waktu yang cukup panjang malam tadi, 7 April 2024. Alhasil, di daerah tersebut tergenang air dengan ketinggian bervariasi. Ada juga yang terjadi longsor.

Di wilayah Bungurasih, Sidoarjo misalnya. Ketinggian air akibat hujan yang terjadi semalaman di daerah tersebut, pada pukul 12.36 siang tadi mencapai mata kaki orang dewasa.

“Ini sudah surut Mas. Tadi malam lumayan tinggi. Bahkan sampai masuk ke rumah orang. Syukur saja rumah saya tinggi Mas. Jadi nggak masuk. Tadi malam hujan mulai pukul 21.00,” kata Dewi, 41, saat ditemui Harian Disway, Senin, 8 April 2024.

BACA JUGA: Banjir Demak Mulai Surut, Pemkab Sediakan Layanan Psikososial di Pengungsian

Dia mengakui, daerah tempat tinggalnya memang selalu langganan banjir. Bahkan ketika dia masih kecil dulu, Dewi pernah merasakan banjir yang cukup tinggi di daerah rumahnya itu. 

“Saya dari lahir di sini. Dulu ketika saya kecil, banjir di sini pernah mencapai pinggang orang dewasa mas. Saya sempat berenang-berenang di depan rumah saya ini kok. Sudah lama nggak banjir. Baru ini lagi banjir Mas,” katanya sambil menunjuk jalanan di depan rumahnya.

Hanya saja, semenjak daerah rumahnya ditinggikan, daerah rumahnya sudah jarang banjir. Kalaupun banjir, tidak tinggi. Paling tinggi hanya sebetis orang dewasa saja. “Banjir ini hasil penguapan air di kali belakang mas,” bebernya.

BACA JUGA: BPBD Jatim Tinjau Kondisi Warga Terdampak Banjir Pasuruan

Kepala BPBD Jatim Gatot Soebroto mengungkapkan, akibat hujan yang terjadi semalaman, beberapa daerah di Sidoarjo dan Pasuruan mengalami banjir. Walau tidak terlalu dalam. Bahkan, di Desa Kedungbocok, Kecamatan Tarik, Sidoarjo tanah di bawah jalan longsor.

Alhasil, jalan tersebut untuk sementara ditutup. “Subuh tadi longsornya mas. Tim kami dari BPBD Jatim sudah turun ke lokasi. Jalan di wilayah longsor itu juga sudah di police line sementara,” ungkapnya.

BACA JUGA: Banjir Demak Mulai Surut, Pemkab Sediakan Layanan Psikososial di Pengungsian

Ia pun meminta agar masyarakat terutama di daerah yang sering terjadi banjir untuk melakukan antisipasi. Terutama ketika ingin mudik lebaran. "Sebelum berangkat mudik, pastikan tidak ada stop kontak yang berada di bawah. Serta barang-barang berharga diletakkan di tempat yang aman," terangnya. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: