Cicipi Kenikmatan Berbagai Jananan Khas Jawa Timur Yang Pas Jadi Buah Tangan

Cicipi Kenikmatan Berbagai Jananan Khas Jawa Timur Yang Pas Jadi Buah Tangan

ilustrasi oleh-oleh--pinterest

HARIAN DISWAY –Tak terasa musim mudik hampir selesai. Lebran 2024 sudah usai. Kini masanya untuk balik ke perantauan. Yang mudik ke Jawa imur, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Jawa Timur. Ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dengan mudah dibeli di pusat oleh-oleh yang ada di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Berikut rekomendasi jajanan khas dari Jawa Timur yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

1. Kue Bagiak 


Nikmatnya sajian kue bagiak khas Banyuwangi--Instagram dapoersikoko

Kue bagiak merupakan kue kering yang terbuat dari tepung sagu dan memiliki tekstur renyah di luar serta rasa yang manis. Kue khas Banyuwangi ini memiliki bentuk lonjong dan kecil, sehingga sangat cocok dan praktis untuk dijadikan sebagai hidangan untuk tamu. Kue bagiak dapat dinikmati dengan minum teh atau kopi 

2. Keripik Buah 


Berbagai varian buah yang bisa dijadikan kripik --Instagram klinikselera

Jajanan keripik buah sering kali ditemui di berbagai kota dataran tinggi seperti Kota Batu, Kota Malang, Magetan, dan lainnya. Keripik buah merupakan jajanan olahan yang terbuat dari potongan buah asli yang dibudidaya oleh masyarakat setempat yang memiliki kebun buah.

Dengan tahapan proses pengeringan atau pengovenan, buah menjadi kering dan diolah menjadi keripik. 

3. Bolu Kuwuk 


Lembut dan gurihnya bolu kuwuk cocok disajikan sebagai cemilan oleh-oleh--Instagram alwaysfoodies

Salah satu kue kering lainnya dari daerah Banyuwangi yang menjadi menu favorit di toko pusat oleh-oleh yakni bolu kuwuk. Bolu kuwuk merupakan kue yang dibuat dari tepung terigu, telur, gula putih, dan gula aren.

Bentuknya yang seperti cangkang kura-kura tentu menarik perhatian bagi pembelinya. Proses pembuatan bolu kuwuk masih banyak dilakukan dengan cara tradisional yakni menggunakan cetakan yang dipanggang di atas tungku.

Bolu kuwuk juga cocok untuk dinikmati sebagai kudapan pendamping kopi atau teh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: