Jelang Musim Panas, Jaga Anak Agar Tetap Terhidrasi

Jelang Musim Panas, Jaga Anak Agar Tetap Terhidrasi

Jelang musim panas, jaga anak agar tetap terhidrasi. Tubuh anak memerlukan lebih banyak cairan. Jaga anak agar tetap terhidrasi selama musim panas.-standret-freepik.com

HARIAN DISWAY - Hidrasi yang tepat sangat penting bagi anak-anak, terutama selama musim panas ketika mereka lebih rentan mengalami dehidrasi. Tubuh anak-anak memiliki persentase air yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa, sehingga penting bagi mereka untuk menjaga tingkat Hidrasi yang cukup. 

Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai efek negatif pada anak-anak, termasuk kelelahan, mudah tersinggung, dan sulit berkonsentrasi. Maka disarankan bagi orang tua agar anak-anaknya minum air secara teratur. Bahkan sebelum mereka merasa haus karena rasa haus sering kali merupakan tanda akhir dehidrasi pada anak.

Memastikan anak-anak meminum air dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk kesehatan mereka. Untuk anak-anak, tidak ada pedoman khusus mengenai berapa banyak air yang harus mereka konsumsi. 

BACA JUGA:Macam-Macam Pemicu Alergi Pada Anak dan Cara Mengidenfitikasinya

Karena kebutuhan air setiap individu bervariasi. Didasarkan dari faktor-faktor seperti usia, berat badan, suhu lingkungan, dan tingkat aktivitas. Namun, aturan umumnya untuk anak-anak, paling tidak mereka harus minum air sepanjang hari dengan interval teratur 2 hingga 3 jam. 

Orang tua dapat membantu memberikan contoh positif dengan menjaga diri mereka untuk tetap terhidrasi. 

Menurut Dr Tushar Parikh, neonatologist dan pediatrician dari India, penting untuk memantau tanda-tanda dehidrasi. Seperti bibir kering, urin pekat berwarna gelap, atau anak-anak yang mudah tersinggung. 

Dorong anak-anak untuk minum lebih banyak cairan bila diperlukan. Dengan menanamkan kebiasaan hidrasi yang baik sejak dini, orang tua dapat membantu anak mereka mengembangkan kebiasaan hidrasi yang sehat. Itu akan bermanfaat bagi mereka sepanjang hidup.


Jelang musim panas, jaga anak agar tetap terhidrasi. Beri minuman yang cukup untuk anak selama musim panas. Untuk menjaga agar tubuhnya terhidrasi.-freepik-freepik.com

BACA JUGA:Bunda Wajib Tahu! Kenali Gejala Alergi pada Anak

Namun, orang tua harus memastikan anak minum cukup air. Klasifikasi untuk anak berdasarkan kelompok umur: Anak usia 1-3 tahun sebaiknya minum sekitar 5 gelas air per hari, dan anak usia 4-9 tahun sebaiknya minum sekitar 6 gelas. 

Anak-anak berusia 10-15 tahun sebaiknya mengonsumsi sekitar 8 cangkir. Remaja usia 15-18 tahun dianjurkan mengonsumsi air putih sekitar 12 gelas per hari.

Berikut adalah tip untuk menjaga anak agar tetap terhidrasi pada musim panas.

BACA JUGA:Catat Bund! 9 Rekomendasi Makanan untuk Cegah Mata Rabun pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com