Catat Bund! 9 Rekomendasi Makanan untuk Cegah Mata Rabun pada Anak

Catat Bund! 9 Rekomendasi Makanan untuk Cegah Mata Rabun pada Anak

Makanan sehat untuk cegah mata rabun pada anak.-iStock-

HARIAN DISWAY – Penggunaan gawai yang berlebih pada anak berisiko menurunkan kesehatan penglihatan si anak.

Oleh karena itu orang tua harus bijak dan tegas dalam membatasi penggunaan gawai pada anak. 

Salah satu cara mencegah kerusakan pada mata anak yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mencegah mata rabun pada anak:

1. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kekeringan mata serta meningkatkan ketajaman penglihatan.

2. Sayuran Berdaun Hijau

   Sayuran seperti bayam, kale, dan kangkung mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu mencegah perkembangan rabun senja.

BACA JUGA:SE Libur Nataru Surabaya, Tempat Hiburan Malam Wajib Tutup Pukul Segini..

3. Buah-buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, blackberry, dan strawberry mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan flavonoid, yang dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif.

4. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mendukung kesehatan retina dan mengurangi risiko degenerasi makula, salah satu penyebab umum gangguan penglihatan pada usia tua.

5. Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik, serta mengandung vitamin E dan zinc yang penting untuk kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: