Mongga, Customizer Die Cast Spesialis Off Road: Hobi yang Menjelma jadi Aliran Dolar

Mongga, Customizer Die Cast Spesialis Off Road: Hobi yang Menjelma jadi Aliran Dolar

Mongga memamerkan dua mobil produksi terbatas hadiah usai menjuarai Matchbox Custom Contest dua tahun berturut-turut pada 2018 dan 2019.-Mohamad Nur Khotib -

Tak sedikit yang sukses bekerja di dunia kreatif. Salah satunya, Angga Wahyu Praditya alias Mongga, asal Lumajang. Kini, ia dikenal sebagai customizer die cast spesialis mobil off road di Indonesia. Lewat tangannya, mobil-mobil mini itu mampu disulap menjadi sesuatu yang unik dan tentu punya nilai ekonomi tinggi. 

—--------

MEJA yang memanjang di pojok ruang tamu itu sudah seperti bengkel. Di atasnya berserakan macam-macam perkakas. Gunting, tang, obeng, dan masih banyak lagi. Semua tersimpan di kotak plastik yang berjajar di ujung meja.

Semua benda-benda itu terang disorot lampu meja kerja. Di bawah terang lampu itulah kedua tangan Mongga asyik mengutak-atik satu bodi mobil. Memasangkan ban dengan alat penjepit.

Mongga bisa duduk berjam-jam di hadapan meja itu. Tentu saja bukan untuk main-main belaka. Melainkan benar-benar bekerja. Sebelumnya, ia pun tak pernah menyangka bisa menghasilkan pundi-pundi dolar dari hobinya. 

Ini berawal dari kecintaannya mengoleksi mobil die cast sejak SMA. Dulu, yang paling digandrungi yakni model Blister keluaran Hot Wheels. Koleksinya memang tak terlalu banyak. Sebab, Mongga juga amat tertarik dengan koleksi action figure berbagai karakter anime. 

“Jadi, koleksi die cast-nya putus-putus,” ujarnya lantas tertawa saat dijumpai di rumahnya, Senin, 15 April 2024. Tetapi, kegemarannya tak pernah pudar. Apalagi begitu banyak kolektor yang mengunggah die cast di akun instagram mereka.


Perbandingan mobil die cast sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) di-custom.-Mohamad Nur Khotib -

Mongga kadang hanya bisa gigit jari. Sebab, harganya lumayan. Khususnya bila menjumpai mobil die cast custom saat berselancar di media sosial. Dari sinilah ia kemudian tertarik untuk meng-custom sendiri.

BACA JUGA:Jadi Modifikator Die Cast, Adi Pradana Angga Nandyta Dijuluki Pakar Trashbashing

“Custom ini hal yang baru. Akhirnya nyoba, belajar bikin sendiri, nyari bahan-bahan sendiri,” ungkap lelaki 36 tahun, alumnus Universitas Brawijaya itu. Secara teknis, Mongga pun tak menemukan kesulitan yang berarti. Meski hasilnya ia rasa kurang maksimal.

Kala itu ia tak punya teman berbagi ide. Sampai akhirnya bertemu Pradana Angga Nandyta alias Atyd asal Surabaya, customizer mobil die cast terkenal dan sering juara di kontes internasional. Mongga lantas ikut workshop yang digelar oleh Atyd pada 2018.

Dari sinilah titik baliknya. Mongga makin percaya diri dalam membuat karya. Bahkan, saat itu juga ia memberanikan diri ikut kontes mobil die cast internasional. Yang menggelar pun tak main-main, yakni salah satu brand die cast ternama di dunia: Matchbox.

Pesertanya dari semua negara. Mongga menyetor satu karya masterpiece-nya, Matchbox Mercedes Benz G550 JW yang digubah menjadi 4x4 expedition truck. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: