Berkunjung di Indonesia, Bos Apple Tim Cook Diminta 3 Hal Ini dari Presiden Jokowi

Berkunjung di Indonesia, Bos Apple Tim Cook Diminta 3 Hal Ini dari Presiden Jokowi

Saat berkunjung di Indonesia, bos Apple Tim Cook dapat tiga permintaan dari Presiden Joko Widodo. --Pontianak Info

HARIAN DISWAY - Bos Apple, Tim Cook, telah mengunjungi Istana Negara pada hari ini, 17 April 2024, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas beberapa hal penting.

Utamanya terkait permintaan eksklusif dari presiden kepada Apple. Salah satu poin utama perbincangan antara Tim Cook dan Presiden Jokowi adalah mengenai proses manufaktur produk Apple di Indonesia.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, ada keinginan untuk meningkatkan proses manufaktur di Indonesia. Ini termasuk mempertimbangkan nilai tambah yang dapat diberikan oleh Indonesia dalam rantai pasok global Apple.

BACA JUGA: Usai Kirim Ucapan Selamat, Bos Apple Tim Cook Kunjungi Prabowo

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah menyatakan bahwa kesepakatan untuk membangun pabrik manufaktur Apple di Indonesia telah diambil.

Langkah awalnya adalah dengan menggunakan komponen-komponen yang sudah dapat diproduksi di Indonesia.

Setelah itu, Kementerian Perindustrian akan melakukan proses business matching untuk menyesuaikan kebutuhan Apple dengan komponen-komponen yang sudah ada.

Indonesia melihat Vietnam dan China sebagai contoh dalam mengembangkan rantai pasok komponen untuk industri teknologi global. Indonesia saat ini berupaya menjadi bagian dari rantai pasok dengan meningkatkan produksi komponen di dalam negeri.

BACA JUGA: Menparekraf Bentuk Program Khusus Untuk Tumbuhan Ekosistem Startup di Kawasan IKN

Namun, saat ini Indonesia masih memiliki sedikit kontribusi dalam rantai pasok produk mobile, hanya dua dari 360 komponen yang diproduksi di Indonesia.

Hal ini menjadi perhatian Presiden Joko Widodo yang meminta kepada Tim Cook untuk meningkatkan jumlah komponen yang diproduksi di Indonesia.

“Pak Presiden meminta Tim Cook agar lebih banyak komponen dari produk Apple diproduksi di Indonesia. Ini sejalan dengan konsep global supply chain. Semakin banyak komponen yang diproduksi di Indonesia, semakin besar nilai tambah yang dapat dihasilkan,” ujar Budi Arie.

BACA JUGA:Meski Komponen Sulit, Apple Kembali Jadi No. 1 di Pasar Smartphone Global

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengusulkan agar investasi Apple tidak hanya terbatas pada pendirian Apple Developer Academy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: