Rekomendasi 5 Baju Adat Simpel untuk Peringati Hari Kartini

Rekomendasi 5 Baju Adat Simpel untuk Peringati Hari Kartini

Rekomendasi 5 baju adat simpel untuk peringati hari Kartini. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini setiap 21 April. Sebuah penghormatan terhadap Raden Ajeng Kartini, pahlawan nasional yang gigih memperjuangkan kesetaraan gender. Terutama hak mengenyam pendidikan buat perempuan.

Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Sejak remaja, hingga dewasa, dia memanfaatkan privilese sebagai putri pejabat daerah untuk membuka sekolah buat anak-anak perempuan.

Pada masanya, Kartini menghadapi tradisi yang menghambat perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan terbatasnya akses mereka terhadap dunia luar. Meskipun dibesarkan dalam lingkungan yang konservatif, Kartini gigih memperjuangkan hak-hak kaumnya untuk belajar dan berkembang.

BACA JUGA:25 Quotes dari RA Kartini untuk Menginspirasi Generasi Muda

Hingga pada akhirnya, oleh Presiden pertama RI Soekarno, tanggal lahir Kartini, yakni 21 April dijadikan sebagai Hari Kartini. Sebuah peringatan untuk menghormati jasanya dalam memajukan perempuan dan pendidikan.

Oleh sekolah dan instansi, perigatan itu sering diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan isu-isu perempuan. Misalnya mengenakan baju daerah, lomba memasak, atau merangkai bunga.

Meskipun oleh para aktivis cara-cara tersebut dianggap dangkal, tidak ada salahnya kita merayakan Hari Kartini dengan cara seperti mengenakan baju daerah. Yang penting, kita tetap mengingat esensi peringatan tersebut.

BACA JUGA:Langkah Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Perempuan 30-40 Tahun

BACA JUGA:Sekolah Jadi Impian Mustahil bagi Anak-Anak Perempuan Afghanistan, Ini Kisah Sedihnya

Yakni, menjadi perempuan tangguh yang berani berjuang untuk kesetaraan hak perempuan dalam berbagai bidang. Termasuk pendidkan, lapangan pekerjaan, dan pendapatan.

Sedang mencari ide dress code baju daerah untuk perayaan Hari Kartini di kantor? Berikut adalah rekomendasi baju adat yang simpel dan cocok dipakai untuk anak-anak hingga dewasa saat perayaan Hari Kartini.

1. Pesa’an Madura


Rekomendasi 5 baju adat simpel untuk peringati hari Kartini, Pesa'an Madura. --tokomaduraonline.com

Pesa'an merupakan pakaian adat khas Madura, yang juga dikenal dengan sebutan baju sakera. Baju adat ini terdiri dari baju serta celana hitam yang longgar, dipadukan dengan kaos garis-garis merah putih atau merah hitam. Biasanya, dilengkapi dengan aksesori seperti tutup kepala, kain sarung, dan ikat pinggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber