Waspada Obesitas pada Anak, Begini Cara Mencegahnya

Waspada Obesitas pada Anak, Begini Cara Mencegahnya

Waspada obesitas pada anak, begini cara mencegahnya. Pola makan berlebihan dapat membuat obesitas pada anak. Ajari mereka untuk makan secukupnya.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY - Obesitas adalah penyebab utama dari banyak masalah, yang sebagian besar disebabkan oleh pola hidup yang tidak teratur, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik. 

Meskipun obesitas sering dianggap sebagai masalah kesehatan di kalangan orang dewasa, obesitas pada masa kanak-kanak masih menjadi masalah yang mendesak. 

Menurut Dr Amita Kaul, Konsultan Senior Pediatri dari India, sekitar satu dari tiga anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas di negara-negara WHO. 

BACA JUGA: Kaum Rebahan Rawan Kena Obesitas, Perbanyak Aktivitas dan Baca Tips dari Kemenkes Ini

Sementara sekitar 60 persen anak-anak yang kelebihan berat badan (pra-pubertas) menjadi kelebihan berat badan selama awal masa dewasa. Hal itu sering dianggap sebagai epidemi modern. 

Obesitas pada masa kanak-kanak dikaitkan dengan berbagai risiko kardiovaskular. Termasuk tekanan darah tinggi, stroke, dan resistensi insulin. 

Anak-anak yang mengalami obesitas cenderung membawa beban berat itu hingga dewasa, sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius dan bahkan kematian dini.

BACA JUGA: Tidak Sarapan Sebelum Ke Sekolah, Kasus Obesitas Pada Anak Terus Meningkat

Untuk anak-anak yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, Indian Academy of Pediatrics dan American Academy of Pediatrics menyarankan pengobatan dini dengan menggunakan tingkat intensitas tinggi yang sesuai dan tersedia untuk anak. 

Untuk mencegah obesitas pada anak-anak, penting bagi orang tua untuk menerapkan pendekatan multi-cabang, dengan fokus pada kebiasaan sehat dan menciptakan lingkungan yang mendukung. Berikut ini beberapa di antaranya: 

Beri contoh pola makan sehat: Anak-anak belajar dengan mengamati orang tuanya. Jadi, orang tua atau pengasuh harus memprioritaskan pola makan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

BACA JUGA: Hari Hemofilia Sedunia Diperingati 17 April, Yuk Kenali Lagi Penyakit Gangguan Darah Ini


Waspada obesitas pada anak, begini cara mencegahnya. Ilustrasi anak yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal itu dapat berisiko bagi kesehatan anak.-freepik-freepik.com

Mengontrol daftar belanjaan akan memudahkan dalam menentukan pilihan jika semua makanan di rumah sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com