Sah! Prabowo-Gibran Jadi Pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Sah! Prabowo-Gibran Jadi Pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di 22 Provinsi berdasar perhitungan KPU hingga 13 Maret 2024-Tangkapan layar-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Akhirnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi menjadi pasangan presiden dan wakil presiden untuk periode 2024-2029. Keputusan itu diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah menetapkan keduanya sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih melalui Pemilu 2024, yang berlangsung di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Rabu, 24 April 2024.

Ketua KPU Hasyim Asyari menegaskan bahwa Prabowo-Gibran berhasil meraih 96.214.691 suara, atau sekitar 58,59 persen dari total suara sah nasional.

"Mereka juga memenuhi syarat minimal 20 persen suara di setiap provinsi dari total 38 provinsi di Indonesia," jelasnya dalam rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden.

Prabowo dan Gibran hadir dalam acara tersebut, mengenakan kemeja putih berlengan panjang, dan langsung mengucapkan terima kasih kepada tim sukses, partai koalisi pendukung, serta para pejabat pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:Ini Kata Jokowi Jelang KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

BACA JUGA:Jelang Penetapan KPU, Prabowo Akan Jalin Komunikasi Politik Guna Memperkuat Koalisi Pemerintahan

Sementara itu, Presiden Jokowi memberikan tanggapannya terkait agenda KPU hari itu. Ia meminta semua pihak untuk menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang bersifat final dan mengikat.

"Ini adalah tahapan akhir dari proses tersebut, karena hari ini KPU telah menetapkan," ujar Jokowi kepada media di Jakarta.

Jokowi juga menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri, terutama terkait dengan perencanaan program-program yang telah dikampanyekan.

"Agar nanti setelah pelantikan, mereka dapat langsung memulai tugasnya," tambahnya. Jokowi juga menegaskan komitmennya untuk menyiapkan transisi agar berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: