Cheng Yu Pilihan Ronald Kurniawan yang Berkarier di PT Indonesia BTR New Energy Material: Ru Xiang Sui Su

Cheng Yu Pilihan Ronald Kurniawan yang Berkarier di PT Indonesia BTR New Energy Material: Ru Xiang Sui Su

Cheng yu pilihan berkarier di PT Indonesia BTR New Energy Material Ronald Kurniawan: ru xiang sui su. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Pun di Tiongkok sana. Masyarakatnya diwanti-wanti dengan pepatah "入乡随俗" (rù xiāng suí sú). Yang artinya sama persis dengan wejangan bangsa kita: di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. 

Yang berarti, kita diminta untuk saling menghormati. Tidak merasa diri paling benar. Tidak menganggap diri paling tinggi. Apalagi ketika sebagai pendatang di tempatnya orang. 

Itulah yang Ronald Kurniawan (郭勇德) jadikan pegangan dalam menjalani kariernya di PT Indonesia BTR New Energy Material.

Menurut Ronald yang selepas belajar bahasa Mandarin di Surabaya International Institute of Business & Technology (SIIBT) melanjutkan kuliah di Chengshiu University, Taiwan, "Di mana pun kita berada dan seberapa hebat pun jabatan kita, harus tetap rendah hati dan mau belajar kepada siapa pun."

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Konsultan Pendidikan Intact Base Taiwan-Surabaya Nia Istiana Dewi: Wei Yu Chou Mou

Memang, filsuf besar Konfusius mengajarkan kita untuk "不耻下问" (bù chǐ xià wèn): jangan pernah malu berguru kepada mereka yang bahkan strata sosial, kondisi ekonomi, ataupun jenjang pendidikannya lebih rendah darimu. 

Dan, prinsip keterbukaan serta kerendahhatian inilah yang menjadi salah satu penyebab Tiongkok bisa semaju sekarang. Tak salah jika ia terinspirasi oleh Tiongkok. Yang biarpun bisa dianggap sebagai negara maju dan superpower, tapi mereka tidak pernah mau menyombongkan diri. 

“Sekalipun mereka bawa modal yang besar untuk berinvestasi di Indonesia, tetapi mereka mau berbaur dengan kita yang mungkin tidak lebih mapan dibanding mereka," ujar Ronald.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Penerjemah Teknik di Fichtner Consulting Indra Setya Ridfan: Ji Ye Cheng Qiu 

Bila benar demikian, barangkali Tiongkok tengah mengamalkan apa yang dituliskan dalam Jing Shi Tong Yan (警世通言), kumpulan cerita rakyat era Dinasti Ming.

Yakni: "强中更有强中手,莫向人前满自夸" (qiáng zhōng gèng yǒu qiáng zhōng shǒu, mò xiàng rén qián mǎn zì kuā): masih ada yang lebih kuat di antara orang-orang yang kuat; maka jangan pernah menyombongkan diri di depan orang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: