Sempat Trouble, Begini Suasana UTBK SNBT Hari Pertama di Unesa

Sempat Trouble, Begini Suasana UTBK SNBT Hari Pertama di Unesa

Ilustrasi peserta yang sedang fokus menatap layar komputer masing-masing. Mereka sedang mengerjakan soal UTBK SNBT.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 mulai dilaksanakan hari ini, Selasa, 30 April 2024. 

Universitas Negeri Surabaya menjadi salah satu lokasi pelaksanaan ujian. Setidaknya ada 990 peserta yang mengikuti UTBK SNBT di hari pertama. Baik itu di Kampus Unesa 1 Ketintang maupun Kampus Unesa 2 Lidah Wetan.

Dari pantauan Harian Disway, peserta sudah berdatangan pada pukul 06.00 WIB. Perasaan berdebar-debar tergambar jelas di raut wajah mereka. Ada peserta yang duduk diam di tempat. Ada pula peserta yang bersenda gurau untuk menghilangkan rasa groginya.


Suasana peserta UTBK SNBT hari pertama di Gedung FBS Universitas Negeri Surabaya, Selasa, 30 April 2024.-Julian Romadhon-

Mereka mengenakan pakaian yang bervariasi. Mulai dari seragam SMA putih abu-abu, seragam hitam putih khas pencari kerja, hingga pakaian casual ala mahasiswa. Tentunya dengan map berisi tanda kartu peserta di tangannya.

Memang, pada pelaksanaan UTBK SNBT 2024, panitia membebaskan pakaian peserta. Tidak ada aturan pakaian harus berkemeja putih dan sebagainya. Asal berpakaian rapi dan sopan.

BACA JUGA:Inilah Ketentuan UTBK SNBT 2024, Jangan Salah Pakaian!

Misalnya Imam Haromain Asy'ari. Peserta asal Tuban itu tampak rapi mengenakan kemeja putih dan dipadupadankan dengan kain bahan berwarna hitam. Ia duduk manis menunggu instruksi panitia untuk memasuki ruangan.

Imam tes di Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unesa. Tepatnya di T2 Lantai 1 Lab Komputer Bahasa Jawa. Datang dari pesisir Pulau Jawa, dia memiliki tekad kuat untuk berkuliah. Ia bahkan sudah mempelajari soal-soal UTBK sejak satu tahun terakhir.

"Sengaja memilih lokasi di Unesa karena pilihan pertama saya di Unesa, prodi Pendidikan Fisika. Terus pilihan kedua di Uinsa prodi Manajemen. Saya memang sudah tertarik Unesa sejak kelas 1 SMA," ujar siswa MAN 1 Tuban itu.


Pengawas sedang mengecek nama-nama peserta UTBK SNBT hari pertama sesi 1 di Universitas Negeri Surabaya, Selasa, 30 April 2024.-Julian Romadhon-

Peserta lain, Salma Cahya Nadina justru tampil casual. Dia mengenakan celana kulot berwarna hitam, lalu dipadu padankan dengan blouse bermotif putih hitam. 

Berbeda dengan Imam, Tim Harian Disway menemui Salma setelah sesi 1 berakhir. Dengan raut wajah datar, dia keluar dari ruangan tesnya di Training Center Gedung Rektorat Unesa lantai 3. 

"Alhamdulillah lega ya. Tinggal menunggu hasil. Overall tesnya lumayan, ya. Fifty-fifty (tingkat kesulitan soal). Tetapi mungkin karena Ruangannya juga dingin jadi ndak terlalu spaneng suasananya," ucap perempuan asal Lidah Kulon, Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: