Cuaca Arab Saudi Bisa Tembus 50 Derajat Celsius, Ini Pesan Menag Yaqut untuk Jamaah Haji

Cuaca Arab Saudi Bisa Tembus 50 Derajat Celsius, Ini Pesan Menag Yaqut untuk Jamaah Haji

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan akan kondisi cuaca yang sangat panas di Tanah Suci.-Kemenag RI-

HARIAN DISWAY - Menjelang keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan akan kondisi cuaca yang sangat panas di Tanah Suci.

Dalam kunjungan kerjanya ke Makkah, Menag Yaqut berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan.

"Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat," terang Menag Yaqut di Makkah pada Selasa, 7 Mei 2024.

Pesan tersebut disampaikan setelah Menag melakukan pengecekan kesiapan berbagai layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia, seperti hotel, bus, dan dapur katering di Makkah.

Menag Yaqut menekankan pentingnya menjaga kesehatan karena haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan stamina yang baik.

BACA JUGA:Kemenag Berangkatkan 437 Petugas Haji ke Arab Saudi, Wajib Utamakan Jamaah Lansia

BACA JUGA:Jamaah Haji Tertua 109 Tahun Asal Ponorogo, Masih Bugar Tak Pakai Kursi Roda

"Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlalu diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina," pesan Menag Yaqut kepada jemaah haji Indonesia.

Menag Yaqut juga menegaskan bahwa Kementerian Agama telah melakukan sejumlah upaya untuk menjaga kesehatan jemaah haji, seperti menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji dan merilis Senam Haji.

Senam Haji ini berisi gerakan sederhana yang bisa dilakukan oleh seluruh jemaah haji Indonesia, termasuk mereka yang lanjut usia, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama pelaksanaan ibadah haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: