Kemenag Berangkatkan 437 Petugas Haji ke Arab Saudi, Wajib Utamakan Jamaah Lansia

Kemenag Berangkatkan 437 Petugas Haji ke Arab Saudi, Wajib Utamakan Jamaah Lansia

Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim memberangkatkan 437 PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 8 Mei 2024. -Syamsuddin-Media Center Haji

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Petugas haji yang akan melayani para jamaah haji Indonesia di Arab Saudi mulai diberangkatkan pada Rabu, 8 Mei 2028. Pelepasan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) dilakukan oleh Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim di Asrama Haji Pondok Gede. 

Para petugas yang berangkat kali ini akan ditempatkan di daerah kerja (daker) Madinah dan daker Bandara. Mereka naik pesawat Garuda Indonesia Airlines GA 980 dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 11.30. Direncanakan landing di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi, pukul 16.45 waktu Arab Saudi. 

BACA JUGA:Jamaah Haji Tertua 109 Tahun Asal Ponorogo, Masih Bugar Tak Pakai Kursi Roda

BACA JUGA:Kondisi Fasilitas Jamaah Haji Indonesia di Makkah setelah Dicek Langsung oleh Menteri Agama

"Tolong menjadi pelayan yang baik bagi jamaah. Tahun ini saya berharap tidak ada petugas yang sampai dipulangkan karena tidak melayani jamaah dengan baik," kata Faisal.


Petugas haji mencium Merah Putih sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi, pada 8 Mei 2024. -Syamsudin-Media Center Haji

Apel pagi pemberangkatan digelar di halaman Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pukul 05.00. Di akhir apel, para petugas mencium bendera Merah Putih sambil menyanyikan lagu Bagimu Negeri. 

Mereka kemudian naik bus ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk bersiap terbang ke Jeddah.

Faisal meminta para petugas bersatu padu dalam menjalankan tugas. "Tidak ada kesuksesan tanpa kekompakan. Kepuasan jamaah harus meningkat," katanya mewanti-wanti.

BACA JUGA:Menteri Agama Berangkat ke Saudi Cek Persiapan Akhir Pelayanan Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:7 Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem selama Musim Haji, Lakukan Ini Agar Jamaah Tidak Terpanggang!


Petugas Media Center Haji berfoto bersama sebelum berangkat ke Arab Saudi, 8 Mei 2024. --Media Center Haji

Selain itu petugas juga harus menaati peraturan. "Taat pada peraturan. Tertib. Semua sama yaitu petugas. Taati peraturan. Siap semuanya!" katanya disambut teriakan siap para petugas haji.

Kemenag akan memberangkatkan lagi petugas haji gelombang dua yang akan ditugaskan di Makkah. Mereka berangkat pada 15 Mei 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: