Menteri Agama Berangkat ke Saudi Cek Persiapan Akhir Pelayanan Jamaah Haji Indonesia

Menteri Agama Berangkat ke Saudi Cek Persiapan Akhir Pelayanan Jamaah Haji Indonesia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebelum terbang ke Arab Saudi, Selasa, 7 Mei 2024, dini hari. --Kemenag

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Selasa dini hari, 7 Mei 2024, kembali berangkat ke Arab Saudi. Menag ingin memastikan semua pelayanan siap menerima jamaah haji Indonesia mulai 12 Mei 2024.

“Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jamaah haji Indonesia. Pengecekan akan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, termasuk persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” terang Gus Men –sapaaan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta.

Tahun ini jamaah haji Indonesia berjumlah 241.000 orang. Terdiri dari 213.320 jamaah haji reguler dan 27.680 jamaah haji khusus. Pemberangkatan jamaah haji dimulai pada 12 Mei 2024. Jamaah akan mulai masuk asrama haji di masing-masing embarkasi pada 11 Mei 2024. 


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan kepada wartawan sebelum berangkat ke Arab Saudi, Selasa, 7 Mei 2024, dini hari. --Kemenag

BACA JUGA:Asrama Haji Surabaya Siapkan Empat Mobil Golf untuk Layani Jamaah Difabel dan Lansia

BACA JUGA:7 Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem selama Musim Haji, Lakukan Ini Agar Jamaah Tidak Terpanggang!

Rencananya, Gus Men empat hari berada di Arab Saudi sebelum pulang kembali pada 11 Mei 2024. Menag didampingi Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo dan Staf Khusus Menag Bidang Hukum Abdul Qodir.

“Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq di Jeddah, untuk meng-update sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka. Kita juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” kata Gus Men.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soekarno -Hatta, Tangerang, sebelum berangkat ke Arab Saudi , Selasa dini hari, 7 Mei 2024. --Kemenag

“Baik di Makkah maupun Madinah, kita akan cek kesiapan hotel dan konsumsi jamaah. Kita juga akan melihat kesiapan terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad,” sambungnya.

BACA JUGA:Hati-Hati Visa Non Haji, Jamaah Bisa Dideportasi

BACA JUGA:One Stop Service untuk Calon Jamaah Haji Embarkasi Surabaya

Mulai besok, Kementerian Agama juga mulai memberangkatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M. Tim advance PPIH Arab Saudi berangkat pada 2 Mei lalu. Kemudian, petugas untuk daerah kerja Madinah dan Bandara diberangkatan pada 8 Mei 2024. Khusus PPIH daerah kerja Makkah dijadwalkan berangkat pada 15 Mei 2024.

“Insya Allah saya akan melepas keberangkatan kloter pertama jamaah haji Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, pada 12 Mei 2024,” tandas Yaqut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: