Kondisi Fasilitas Jamaah Haji Indonesia di Makkah setelah Dicek Langsung oleh Menteri Agama

Kondisi Fasilitas Jamaah Haji Indonesia di Makkah setelah Dicek Langsung oleh Menteri Agama

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melihat bus yang akan digunakan untuk mengangkut jamaah haji Indonesia di Makkah, Selasa 7 Mei 2024. --Kemenag RI

MAKKAH, HARIAN DISWAY – Begitu tiba di tanah suci pada Selasa, 7 Mei 2024, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas langsung mengunjungi sejumlah tempat. Semuanya merupakan fasilitas yang akan dipakai oleh jamaah haji Indonesia selama di Makkah. 

Ada tiga hotel yang dikunjungi menag. Ketiga hotel itu adalah Hotel Romance Elit (kapasitas 1.700 orang), Castle Ajyad Hotel (1.900) di Rei Bakhsy, serta Hotel Wihdah (5.000) di Jarwal. Setelah itu, Menag mengecek kesiapan bus antar kota dan bus salawat di Terminal Syib Amir, Makkah.

"Saya siang ini bersama Pak Konjen dan rombongan melakukan kunjungan untuk tiga hari ke depan. Mengecek persiapan layanan haji. Saya sudah lihat hotel serta bus jamaah, baik salawat maupun antar kota," terang Gus Men –sapaan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Makkah. 


Kamar hotel yang akan ditempati jamaah haji Indonesia di Makkah dicek kondisinya oleh menteri agama. --Kemenag RI

Dalam kunjungan itu, menag didampingi Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, Staf Khusus Menag bidang Hukum Abdul Qodir, Konjen RI di Jeddah Yusron Baha'uddin Ambary, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, Kadaker Makkah Khalilurrahman, Kadaker Madinah Ali Machzumi, Kabid Akomodasi Zaenal Muttaqin, dan Kabid Transportasi Mujib Roni.

"Saya lihat secara umum semua baik. Ada kemajuan yang lebih baik. Mudah-mudahan pada waktunya nanti benar-benar siap memberikan layanan terbaik," sambungnya.

BACA JUGA:Menteri Agama Berangkat ke Saudi Cek Persiapan Akhir Pelayanan Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:7 Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem selama Musim Haji, Lakukan Ini Agar Jamaah Tidak Terpanggang!

Jamaah haji Indonesia mulai berangkat ke Madinah pada 12 Mei 2024. Mereka akan tinggal selama sembilan hari di Madinah sebelum bertolak ke Makkah. Diperkirakan jamaah haji Indonesia akan mulai masuk Makkah pada 21 Mei 2024. Kemenag telah menyiapkan 169 hotel untuk jamaah haji Indonesia saat di Makkah.

"Ada beberapa catatan perbaikan. Masih cukup waktu untuk melakukan perbaikan agar layanan lebih baik lagi, sebelum jamaah tiba di Makkah," ujar Gus Men.

Bus Ramah Lansia dan Disabilitas

Gus Men juga meninjau Terminal Syib Amir untuk mengecek kesiapan bus salawat dan bus antar kota. Untuk bus salawat, pihak syarikah (perusahaan) telah menyiapkan bus yang ramah lansia dan disabilitas. 

"Bus salawat disabilitas sudah disiapkan, ada sekitar 20 bus salawat dan lansia. Bus dilengkapi dengan deck yang bisa dilewati kursi roda. Sehingga, ini memudahkan lansia dan disabilitas untuk mengakses masuk bus. Ini kemajuan dari pelayanan," sebut Gus Men.

Bus salawat juga dijamin dalam kondisi bagus. Tahun produksi bus tertua adalah tahun 2019. Banyak juga yang diproduksi pada 2022 dan 2023. Ada dua tipe, yaitu city bus dan bus ramah disabilitas/lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: