Luhut Optimis Progres Pembangunan IKN Capai 80 Persen Agustus Nanti, Siap Buat Upacara Bendera

Luhut Optimis Progres Pembangunan IKN Capai 80 Persen Agustus Nanti, Siap Buat Upacara Bendera

Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau lokasi pembangunan di KIPP IKN Selasa lalu, ia optimistis pembanguan bisa 80 persen pada Agustus mendatang-Kemenko Marves/OIKN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan progress pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur akan mencapai sekitar 80 persen pada Agustus mendatang.

Pada bulan itu juga, untuk pertama kalinya akan diadakan upacara bendera pertama di IKN mengenang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79. 

Target penyelesaian 80 persen diungkapkan Luhut usai meninjau langsung progres pembangunan IKN pada Selasa, 7 Mei 2024. Ia mengatakan target tersebut berdasarkan tinjauan seluruh tim khususnya Kementerian PUPR.

BACA JUGA:Korlantas Polri Kirim Puluhan Mobil Listrik Untuk Dukung Persiapan Upacara Hari Kemerdekaan Pertama di IKN

"Kemungkinan masih ada beberapa pending-pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas. Namun tadi dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua, memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80 persen sudah bisa selesai sampai  bulan Agustus ini,” kata Menko Luhut di lokasi. 

Mengenai progres ini, Menko Luhut berharap bahwa upacara 17 Agustus mendatang benar-benar bisa dilaksanakan di IKN.

“Kita berharap 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini, dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Seperti airport itu akan bisa didarati, dan bisa mengakomodasi 3 pesawat sampai tanggal 17 Agustus nanti. Tapi untuk semua ya nanti selesai kira-kira setahun lagi selesai,” jelasnya.

BACA JUGA:Starlink Milik Elon Musk Akan Beroperasi di IKN Pertengahan Mei 2024

Adapun lokasi yang ditinjau Menko Luhut antara lain Tol Akses IKN segmen 5A, Dermaga Logistik IKN,  Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, Plaza Seremoni, serta Kantor Kementerian Koordinator. 

Selain melakukan peninjauan, Menko Luhut juga melaksanakan rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengenai progres pembangunan IKN ke depannya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: