Sambut Pekan Kehati, Ada Dino Island Expedition di Pakuwon City Mal

Sambut Pekan Kehati, Ada Dino Island Expedition di Pakuwon City Mal

PARA PENGUNJUNG mengendarai wahana dinosaurus yang ada dalam Dino Island Expedition, di Pakuwon City Mal, Surabaya. -Teddy Insani-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pakuwon City Mal membuka event Dino Island Expedition. Banyak kegiatan yang dibuka di halaman samping mal tersebut, terutama yang berkaitan dengan satwa.

Salah satunya menggandeng BKKSDA Jatim. Guna yang mengedukasi pengunjung tentang satwa-satwa dilindungi. Pembukaan pertama event Dino Island Expedition pada 8 Mei 2024, lokasi samping Pakuwon City Mal telah dipadati pengunjung.

Puluhan booth kuliner berjajar di kiri dan kanan. Berbagai menu disajikan. Mulai dari menu khas Barat, Asia, hingga kuliner Nusantara. Di ujung, terdapat booth yang menyediakan mainan dinosaurus.

Anak-anak dapat menumpang di mainan tersebut untuk berkeliling lokasi. Di tengah-tengah terdapat taman buatan. Ruang ramah anak pula. Paling menarik adalah beberapa satwa yang dibawa dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan ditempatkan dalam dua booth

BACA JUGA: Belajar Branding, Semifinalis Koko Cici Jatim 2024 dibekali Materi Public Speaking

Total terdapat tiga ekor binturong, dua iguana, seekor burung serak Jawa, tiga ekor domba, dan beberapa ekor marmut. Para pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. Para zookeeper dari KBS dengan sigap melayani permintaan-permintaan pengunjung untuk berfoto.


ANAK-ANAK berinteraksi dengan triceratrops di dalam ruangan Dino Island Expedition. -Teddy Insani-HARIAN DISWAY

Menurut Kepala Seksi KSDA wilayah 3 Surabaya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKKSDA) Jatim Gatut Panggah Prasetyo, pihaknya berkerja sama antara pengelola Pakuwon City Mal untuk memberi edukasi pada masyarakat terkait pengenalan jenis satwa liar. 

“Apalagi tanggal 15 Mei mendatang adalah Hari Keanekaragaman Hayati. Kementerian Lingkungan Hidup akan menggelar acara nasional serempak. Yakni Pekan Kehati atau Peduli Keanekaragaman Hayati," ujarnya.

BACA JUGA: Kesempatan Masih Ada! Waktu Pendaftaran Surabaya Tourism Award 2024 diperpanjang

Selama event, pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa. Ada yang tertarik dengan satwa binturong. Tiga ekor binturong itu berukuran cukup besar. Namun, ketiganya jinak. 

Gatut pun ikut turun langsung dalam memberi edukasi para pengunjung. "Binturong ini termasuk satwa dilindungi. Banyak ditemui di Sumatera dan Jawa," ujarnya, sembari mengusap punggung binturong tersebut.


GATUT PANGGAH PRASETYO dari BKKSDA bersama satwa binturong yang didatangkan dari KBS, dalam acara Dino Island Expedition di Pakuwon City Mall Surabaya. -Teddy Insani-HARIAN DISWAY 

Untuk berfoto, maka para zookeeper atau perawat satwa akan meletakkan binturong itu di bahu pengunjung. "Tenang, tidak mungkin menggigit, tidak mungkin menyerang. Binturong ini sudah sangat jinak," ujar Muhammad Farhan Hasanain, zookeeper. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: