Tanggal 29 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lansia Nasional

Tanggal 29 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Lansia Nasional

Tanggal 29 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Lansia Nasional. --Ilustrasi

Hari Lansia Nasional pertama kali dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada 29 Mei 1996 di Semarang, sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan terhadap kontribusi para lansia dalam pembangunan bangsa.

BACA JUGA:Tanggal 25 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Tiroid Sedunia

Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia


Tanggal 29 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia. --Ilustrasi

Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia atau World Digestive Health Day diperingati setiap tahunnya pada 29 Mei. Peringatan ini kali pertama kali diadakan pada tahun 2004 untuk merayakan hari jadi World Gastroenterology Organization yang ke-45.

Organisasi itu memiliki lebih dari 100 komunitas anggota dan 50.000 anggota individu yang tersebar di seluruh dunia.

Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran global akan pentingnya kesehatan pencernaan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, diharapkan diagnosis dan perawatan gangguan pencernaan dapat ditangani lebih cepat dan efektif.

Gangguan pencernaan dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan obesitas. Oleh karena itu, Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia penting untuk memberikan edukasi tentang kesehatan pencernaan, dan mendukung pasien yang menderita gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Hari Reformasi Nasional 21 Mei 1998: Peringatan 26 Tahun Lengsernya Soeharto

Dalam memperingati kesehatan pencernaan, ada beberapa fakta penting tentang obesitas yang perlu diketahui. Karena obesitas sering kali terkait dengan masalah pencernaan.

"Angka penderita obesitas meningkat setiap tahun, bahkan hampir tiga kali lipat antara tahun 1975 dan 2016 di seluruh dunia," jelas laporan WHO.

"Obesitas adalah penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian. Dan pada 2019, sekitar 38 juta anak-anak di seluruh dunia mengidap obesitas," lanjut laporan tersebut. Namun, penyakit ini bisa dicegah dan diobati dengan diet sehat dan olahraga rutin.

Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia menjadi peringatan penting untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan pencernaan membantu meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

BACA JUGA:Tanggal 18 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Vaksin AIDS Sedunia

BACA JUGA:Tanggal 17 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Buku Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber