5 Sikap Patriotisme yang Sesuai dengan Pancasila

5 Sikap Patriotisme yang Sesuai dengan Pancasila

ilustrasi Hari Lahir Pancasila.--

Mewujudkan kejujuran dan integritas bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti tidak mencontek saat ujian, tidak melakukan plagiarisme, atau tidak menyalahgunakan jabatan untuk keuntungan pribadi. Dengan menjaga integritas, kita turut serta dalam membangun kepercayaan publik dan memperkuat pilar-pilar negara.

4. Mempertahankan Kedaulatan Negara

Mempertahankan kedaulatan negara adalah bentuk patriotisme yang sangat jelas. Ini mencakup sikap siap membela tanah air dari segala ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Sila keempat Pancasila, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan, menekankan pentingnya musyawarah dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai tantangan. 


Menjaga kedaulatan negara juga amalan dari sila Pancasila.--

Kita bisa berkontribusi dalam mempertahankan kedaulatan dengan cara mengikuti pelatihan bela negara, menjadi anggota aktif organisasi kemasyarakatan, atau bahkan hanya dengan menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda melalui pendidikan dan contoh nyata. Selain itu, menjaga keamanan siber juga menjadi bagian penting dalam era digital ini, mengingat ancaman yang dapat datang dari dunia maya.

5. Mendorong Inovasi dan Kreativitas

Pembangunan bangsa yang maju dan berdaya saing membutuhkan inovasi dan kreativitas dari setiap warga negaranya. Sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, menggarisbawahi pentingnya menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi semua. Dalam konteks ini, patriotisme berarti bekerja keras untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan bersama. 


ilustrasi inovasi.--

Menghargai karya anak bangsa, menggunakan produk dalam negeri, serta berinovasi dalam berbagai bidang, seperti pertanian, teknologi, dan industri kreatif, adalah bentuk nyata dari sikap patriotisme. Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuhnya inovasi dan kreativitas.

Menghidupkan semangat Pancasila melalui sikap patriotisme bukanlah tugas yang mudah, namun sangat penting untuk keberlangsungan bangsa yang kuat dan bersatu. Menghargai perbedaan, mengutamakan kepentingan bersama, menjaga kejujuran dan integritas, mempertahankan kedaulatan negara, serta mendorong inovasi dan kreativitas adalah lima sikap patriotisme yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menginternalisasi dan mempraktikkan nilai-nilai ini, kita tidak hanya memperingati Hari Lahir Pancasila, tetapi juga berkontribusi nyata dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Artikel ini ditulis oleh Magdalena Asri Mahasiswa UNTAG Surabaya, peserta Magang MBKM di Harian Disway. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: