Jerman Menang Besar di Laga Pembuka Euro 2024, Kroos on Fire!

Jerman Menang Besar di Laga Pembuka Euro 2024, Kroos on Fire!

Rapor Pemain Jeman Setelah Menghajar Skotlandia 5-1 di Pembukaan Euro 2024. Foto: Jamal Musiala merayakan gol kedua Jerman.-Fabrice Coffrini-AFP

HARIAN DISWAY  Timnas Jerman mengawali Euro 2024 dengan gemilang dengan menumbangkan Skotlandia 5-1 di Allianz Arena, Munich. Kemenangan ini menjadi yang terbesar di laga pembuka turnamen Eropa. 

Florian Wirtz, Jamal Musala, Kai Havertz, Niclas Fullkrug, dan Emre Can menjadi pencetak gol bagi Jerman. Gol bunuh diri Antonio Rudiger menjadi satu-satunya gol balasan Skotlandia.

Kemenangan ini membuat Jerman memimpin Grup A, dan akan menghadapi Hongaria dan Swiss di laga selanjutnya.

Di balik gemilangnya penampilan para pemain muda seperti Musala (21 tahun) dan Wirtz (21 tahun), peran Toni Kroos (34 tahun) tak kalah penting. Gelandang veteran ini memberikan ketenangan dan semangat kepada tim, terutama sebelum pertandingan.

"Ia (Kroos) sangat penting, sama seperti pemain lain. Ia sangat berpengalaman dan tenang. Tim sangat berisi sebelum pertandingan, dan dia mendengarkan beberapa kata pelan yang sangat kuat," kata pelatih Jerman Julian Nagelsmann

“Ia adalah bagian dari grup, tapi pengalaman itulah yang membuatnya berbeda. Dengan rekornya, beberapa orang akan kesulitan untuk diterima, tapi dia tidak sombong, dia sangat penting bagi tim dan menjadi tiang ketenangan, " lanjutnya. 

“Tetapi terlepas dari semua kesuksesan dan statusnya, kami melihatnya sebagai bagian dari grup,” tutupnya. 

BACA JUGA: Edan! Jerman vs Skotlandia 5-1, Der Panzer Catat Kemenangan Terbesar di Euro

BACA JUGA: Rapor Pemain Jeman Setelah Menghajar Skotlandia 5-1 di Pembukaan Euro 2024

Meski Jamal Musala dan Florian Wirtz tampil gemilang, Julian Nagelsmann sang pelatih Jerman memilih untuk tidak terlalu memuji kedua pemain muda tersebut. Ia ingin fokus pada kerja sama tim dan kepercayaan diri timnas.

"Saya tidak ingin terlalu banyak berbicara tentang individu. Kami adalah tim dan fokus kami adalah pada kemenangan tim dan meningkatkan rasa percaya diri negara ini," ujar Nagelsmann. 

Nagelsmann menekankan bahwa kolaborasi adalah kunci kesuksesan timnas Jerman di turnamen ini. Ia tidak ingin fokus pada peran individu, melainkan pada kerja sama tim.

"Tim ini telah belajar untuk saling melindungi dan membuat semua orang di sekitar mereka terlihat bagus. Jadi saya tidak ingin berbicara tentang individu. Tim dan grup yang memenangkan pertandingan, dan saya harap negara sekarang lebih percaya pada kami daripada sebelumnya," ungkapnya. 

Bagi Nagelsmann, meskipun Musala dan Wirtz pemain muda yang berbakat, mereka tidak dapat dianggap sebagai satu-satunya pahlawan timnas Jerman. Kesuksesan timnas Jerman adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama seluruh pemain.

Nagelsmann berharap timnas Jerman dapat terus meraih prestasi di turnamen ini.

(Hilmy Maulana) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn