Kampus Mengajar Menjadikan Mahasiswa Lebih Pede dan Berpengalaman

Kampus Mengajar Menjadikan Mahasiswa Lebih Pede dan Berpengalaman

PENULIS bersama teman-teman Program Kampus Mengajar saat Hari Kartini.-Dandy Mahendra Syahputra-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya diterjunkan langsung di SMPN 48 Surabaya untuk membentuk pengalaman baru serta membagikan pengalaman baru kepada siswa dan siswi yang akan ditemani belajar mengajar selama 4 bulan. 

Saya, Dandy Mahendra Syahputra, dengan teman-teman sembilan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi belajar dalam mengajar dan berinteraksi kepada masyarakat. Saya bersama teman-teman sangatlah antusias dapat berinteraksi langsung kepada murid, guru, dan staf sekolah secara intens setiap hari.

SMPN 48 Surabaya yang berlokasi di Jalan Bratang Wetan No 36, Surabaya, menjadi tempat kami berkumpul bersama teman-teman universitas lainnya dalam mengabdi untuk sekolah ini.

BACA JUGA: Magang Asyik di Harian Disway: Optimalisasi Konten Video Media Sosial di Harian Disway untuk Peningkatan Engagement Rate

Bersama teman-teman kampus mengajar, kami didampingi dan dibimbing oleh Ibu Nurul Hakimah M.Pd. serta dosen pembimbing Bapak Kun Muhammad Adi, S.I.Kom., M.I.Kom. untuk dapat memberikan arahan dan informasi yang baik agar dapat diterima siswa dan siswi SMPN 48 Surabaya.

Di sini, saya diajari untuk bertanggung jawab dalam membagi waktu bersama untuk menjaga kelas-kelas yang ditugaskan oleh bapak dan ibu guru. Apabila terdapat kelas yang kosong, saya bersama teman-teman lainnya mengisi dan memberikan informasi tambahan kepada siswa dan siswi SMPN 48 Surabaya.

Salah satu materi yang saya andalkan untuk bisa saya informasikan menjadi materi tambahan pada siswa siswi adalah desain grafis. Saya menginformasikan tentang pentingnya desain logo untuk identitas produk makanan atau perusahaan.

BACA JUGA: Mengasah Skill dengan Magang sebagai Pewarta Foto di Harian Disway


DANDY Mahendra Syahputra memberikan informasi tambahan pada siswa dan siswi tentang desain grafis di SMPN 48 Surabaya.-Dandy Mahendra Syahputra-

Dengan materi yang saya informasikan, siswa dan siswi SMPN 48 Surabaya mendapatkan ilmu yang tidak mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka sangat antusias serta mendapatkan beberapa hal penting. Mulai memahami tentang apa itu desain grafis dan desain logo hingga meningkatkan pemahaman dunia kreatif yang ada pada zaman sekarang.

Banyak hal yang saya lakukan bersama teman-teman. Selain menjelaskan tentang materi desain di setiap kelas, kami membuat dan menjalani program kerja yang akan diwujudkan bersama untuk keperluan siswa dan siswi SMPN 48 Surabaya. 

BACA JUGA: Magang di Harian Disway, Mengasah Keterampilan Content Writer di Era Digital

Program kerja yang kami buat tentu program kerja yang dapat membuat siswa dan siswi lebih kreatif, informatif, dan interaktif. Contohnya, kami membuat program workshop bertema creative writing yang diikuti siswa dan siswi SMPN 48 Surabaya.

Dengan program tersebut, kami merasa ilmu yang tersampaikan sangatlah berguna bagi siswa dan siswi. Sebab, banyak siswa dan siswi belum mengerti dan paham pentingnya creative writing untuk penggunaan media sosial yang lebih bijak dan lebih kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: