Naik Haji Bersama Mabruro (3): Khidmat Ikuti Pembekalan Ibadah

Naik Haji Bersama Mabruro (3): Khidmat Ikuti Pembekalan Ibadah

KEKHUSYUKAN para jamaah haji khusus Mabruro berdoa di depan Baitullah saat menjalankan umrah pada Rabu malam, 5 Juni 2024.-Mabruro for Harian Disway-

Cuaca panas terjadi di Mekkah. Suhu tembus hingga 44 derajat Celcius pada Kamis siang, 6 Juni 2024. Untungnya, para jamaah haji khusus Mabruro Tour & Travel punya jadwal kegiatan di hotel selama beberapa hari ke depan. Salah satunya, pembekalan ibadah bersama para ustaz.

------

Umrah sunnah pertama sudah ditunaikan oleh 109 jamaah haji khusus Mabruro pada Rabu malam, 5 Juni 2023. Jadwalnya diundur selepas salat isya’. Mulai pukul 22.00 malam hingga Kamis pukul 02.30 dini hari.

“Alhamdulillah, petugas Mabruro pengertian. Kami diberi waktu istirahat setelah perjalanan dari tanah air,” terang Anang Tri Harjono, salah satu jamaah asal Surabaya saat dihubungi pada Kamis, 6 Juni 2024.

Seluruh jamaah diangkut menggunakan tiga bus eksekutif dari Hotel Al Maqam Makkah menuju Masjidil Haram. Pelaksanaan umrah sunnah itu berlangsung lancar. Anang pun berterima kasih lantaran seluruh proses ibadah didampingi secara intens oleh petugas.

Mereka kembali ke Hotel Al Maqam Makkah sebelum tiba waktu subuh. Lantas salat subuh berjamaah di musala hotel. “Agendanya fokus ibadah mandiri,” terang Anang. 

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (2): Naik Bus Eksekutif ke Mekkah, Jalani Umrah Sunnah Pertama

Para jamaah juga diberi pembekalan ibadah oleh Ustaz Misbach asal Indonesia. Digelar setiap habis salat wajib berjamaah, Temanya seputar salat sunnah.

Anang beserta para jamaah lainnya mendapat tuntunan khusus salat sunnah. Mulai dari salat dhuha hingga tahajud. Pembekalan itu tentu supaya para jamaah mendapat panduan yang tepat dalam beribadah.

“Insyaallah sampai hari H nanti akan ada pembekalan terus,” jelas Purnawan Wibisono, jamaah asal Blitar. Lelaki yang karib disapa Iwan itu juga bersyukur lantaran kegiatan lebih banyak digelar di hotel selama beberapa hari ke depan. Banyak jamaah yang capek setelah melaksanakan umrah sunnah.


PETUGAS Mabruro mengecek kesiapan para jamaah di dalam bus sebelum menuju Masjidil Haram pada Rabu malam, 5 Juni 2024.-Mabruro for Harian Disway-

Sehingga, mereka pun akan punya cukup waktu untuk menghimpun tenaga dan energi. Tentu untuk persiapan melaksanakan rukun ibadah haji nanti. Apalagi, katanya, cuaca di Mekkah sedang panas. “Mohon doanya agar kami semua bisa menjalankannya dengan lancar, benar dan barokah. Aamiin,” tutur Anang.

Sembilan hari lagi tiba puncak musim haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Gelombang jamaah haji asal Indonesia pun terus berdatangan. Sementara para jamaah yang memegang visa umrah sudah harus keluar dari tanah suci per kemarin.

Kepadatan terjadi di wilayah-wilayah hotel yang ditempati para jamaah. Terutama di lima wilayah seperti Shisha, Raudhah, Jarwal, Misfalah dan Rei Bakshy. Banyak jamaah yang hilir mudik untuk belanja, atau sekadar singgah di kedai-kedai makan atau restoran Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: