Youth Festival SMP Citra Berkat 2024: Ajang Kreativitas dan Bakat Siswa

Youth Festival SMP Citra Berkat 2024: Ajang Kreativitas dan Bakat Siswa

Interaksi sesama peserta Youth Festival SMP Citra Berkat 2024.-Humas SMP Citra Berkat 2024-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Siswa adalah individu yang memiliki kemerdekaan untuk mengeksplorasi bakat dan talenta yang mereka miliki. Ini adalah hak setiap siswa sehingga mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal. 

Selain itu siswa juga perlu mengaktualisasikan setiap bakat dan talenta yang mereka miliki agar mereka mengetahui bahwa masih banyak ruang untuk berkembang. Seperti dalam proses pembelajaran di SMP Citra Berkat yang mengedepankan “Academic Excellence dan Entrepreneurship Learning”. Mereka memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mengembangkan bakat dan talenta dengan seimbang. Dua pilar ini merupakan dasar dari setiap program yang dikembangkan oleh sekolah. 

Salah satu caranya adalah Youth Festival SMP Citra Berkat 2024. Ini program yang dirancang khusus untuk siswa agar menumbuhkan rasa percaya diri dan mengembangkan bakat serta talenta yang mereka miliki. 


Seorang siswi dalam acara Youth Festival SMP Citra Berkat 2024 memperlihatkan kemampuannya memasak.-Humas SMP Citra Berkat 2024-

Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Citra Berkat CitraLand Surabaya di Bukit Palma. Digelar selama 4 hari mulai tanggal 4-7 Juni 2024. Tiga hari awal digunakan untuk pembekalan karakter positif siswa dan hari terakhir adalah puncak acara mulai pukul 08.00-12.00 WIB. 

Pada sesi pembekalan karakter siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan dalam pos-pos yang disediakan. Mereka berinteraktif dan diakhiri dengan refleksi secara individu dan kelompok. 

Dalam sesi penguatan karakter positif ini siswa-siswi didampingi oleh guru-guru yang berada pada pos-pos yang ditentukan. “Pembekalan karakter positif ini bertujuan untuk memberikan dasar yang tepat untuk menggerakkan siswa melakukan setiap proses pembelajaran dan berani mengeksplorasi serta mengekspresikan setiap potensi yang dimiliki,” terang Adi Haryo Rosyamto, Kepala Sekolah SMP Citra Berkat. 

Youth Festival tahun 2024 mengusung tema “STELLAR - Shine God’s Light” dan diikuti sekitar 300 siswa dari kelas 7 sampai kelas 9. 


Talenta di bidang kesenian juga ditampilkan dalam Youth Festival SMP Citra Berkat 2024.-Humas SMP Citra Berkat 2024-

Dalam acara puncak, siswa diberikan kesempatan untuk menampilkan setiap bakat dan talenta yang mereka miliki seperti menyanyi, menari, demo memasak, pameran hasil karya siswa, bahkan kemampuan mereka memelihara hewan atau tumbuhan. 

Melalui kesempatan tersebut, sekolah percaya bahwa siswa akan mengembangkan banyak keterampilan seperti kemampuan memanajemen, kemampuan komunikasi, kemampuan berkolaborasi, hingga kemampuan untuk melihat peluang dari bakat dan talenta mereka. 


Pembekalan karakter positif pada Youth Festival SMP Citra Berkat 2024.-Humas SMP Citra Berkat 2024-

Selain sesi penampilan dan pameran, kegiatan ini juga menyiapkan momen “gratitude room” di mana siswa menyampaikan ungkapan syukurnya kepada orang tua dan menyampaikan harapan serta dukungan yang mereka harapkan dari orang tua. Dalam momen tersebut, siswa sudah menyiapkan video yang nantinya akan disaksikan oleh orang tua mereka masing-masing dalam salah satu ruangan yang sudah di-setting khusus. Orang tua diundang hadir pada acara puncak tanggal 7 Juni 2024 untuk menyaksikan penampilan siswa dan menyaksikan video dari putra-putrinya di ruangan lab computer serta dilakukan bersamaan dengan rangkaian kegiatan yang ada. 

Adi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedekatan emosional antara orang tua dan anak sehingga orang tua dapat memberikan dukungan kepada anak dan anak dapat menyadari support yang sudah diberikan oleh orang tua mereka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: