Mahasiswa Untag Surabaya Gagas Soerabaja Tempo Doeloe, Hadirkan Jajanan Jadul

Mahasiswa Untag Surabaya Gagas Soerabaja Tempo Doeloe, Hadirkan Jajanan Jadul

Pembukaan Soerabaja Tempoe Doloe di AJBS Home Center Surabaya-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Praktikum Mata Kuliah MICE (Meeting, Inventive, Convention, Exhibition) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) SURABAYA diwarnai sejumlah proyek mahasiswa. Salah satunya yang bertajuk Soerabaja Tempo Doeloe di AJBS Home Center SURABAYA.

"Teman-teman harus membuat proyek mulai dari merancang, merencanakan, sampai pada evaluasi. Mahasiswa harus bisa mengemas dan memproduksi pesan-pesan komunikasi tetapi medianya melalui event," ujar dosen pengampu MICE Untag Surabaya Dewi Sri Andika Rusmana saat pembukaan event, Sabtu, 8 Juni 2024.

Tema Soerabaja Tempo Doeloe diangkat karena sepanjang sejarah event di Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya belum pernah memiliki tema Tempo Doeloe. Biasanya berkutat pada bazar.

BACA JUGA : Fisipreneur 2024, Kreativitas Berwirausaha Mahasiswa Fisip Untag Surabaya


Jajanan zaman dulu hadir di acara Soerabaja Tempo Doeloe di AJBS Home Center Surabaya-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

"Baru ini. Jadi ini tantangan yang diajukan dan mereka terima. Pengagasnya semua anak kelas G (semester 4) dan dibentuklah acara ini," imbuhnya.

Setidaknya ada 11 kelas pada 2024 pada mata kuliah MICe sehingga ada 11 proyek dengan tema berbeda. Tema Soerabaja Tempo Doeloe hanya salah satunya. Tema lain di antaranya Art Diwarna di Rumah Budaya Sidoarjo, Amitabha Anantya di Balai Pemuda Surabaya, Circe of Rage di Personal Horror Surabaya, hingga The Unlimited Connection di Grand City Mall.

"Ide beda-beda, bagaimana mereka belajar menerima ide yang bisa jadi bukan ide mereka. Lalu kan prosesnya lama, mereka harus rapat, survei, bekerja sama dan menjawab tantangan jangan di kampus. Tiga tahun ini kami dorong di luar," jelasnya.

Dengan begitu, para mahasiswa diajak belajar berinteraksi di luar kampus. Sebab jika di kampus sendiri, kemudahan akan didapatkan. Jika di luar kampus maka mereka akan belajar berbagai kemungkinan.

BACA JUGA : Tenang! Heboh UKT Mahal, Rektor Untag Surabaya Pastikan Tak Ada Mahasiswa Kesulitan Biaya Kuliah di Kampusnya


Goto karya mahasiswa Untag Surabaya ikut dipamerkan pada Soerabaja Tempo Doeloe di AJBS Home Center Surabaya-Wulan Yanuarwati -Harian Disway

"Awalnya mereka bikin bazar tapi akhirnya mereka berpikir mengambil tema berkaitan budaya dan tempo dulu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Soerabaja Tempo Doeloe Syafrian Hanif Irsanudin mengatakan ada 18 UMKM yang dilibatkan dalam acara tersebut. Mereka menyajikan sejumlah makanan dan jajanan jaman dulu (jadul).

Pada pembukaan acara bahkan juga disajikan Tari Remong dari mahasiswi Untag Surabaya. Hasil foto mahasiswa komunikasi visual Untag Surabaya juga dipajang di area tersebut. Menambah suasana jaman dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: