Jika Benar-benar Pecinta Binatang, Lakukan 9 Tip Ini Agar Peliharaan Anda Tidak Stres

Jika Benar-benar Pecinta Binatang, Lakukan 9 Tip Ini Agar Peliharaan Anda Tidak Stres

Stres tak hanya dialami oleh manusia, tapi hewan juga bisa mengalaminya. Maka sebaiknya hindarilah dengan 9 tip berikut ini. --iStockphoto

6. Perawatan Kesehatan Rutin

Pastikan hewan peliharaan mendapatkan perawatan kesehatan rutin seperti vaksinasi, pemeriksaan kesehatan, dan perawatan gigi. Hewan yang sakit atau tidak nyaman cenderung lebih stres.
Menghindari masalah kesehatan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik adalah langkah penting untuk mengurangi stres pada hewan peliharaan. --iStockphoto

Menghindari masalah kesehatan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik adalah langkah penting untuk mengurangi stres.

7. Perubahan yang Bertahap

Jika ada perubahan dalam lingkungan atau rutinitas, lakukan secara bertahap. Hewan peliharaan bisa menjadi sangat stres jika ada perubahan mendadak seperti pindah rumah atau kedatangan anggota keluarga baru. Biarkan hewan beradaptasi secara perlahan dengan perubahan tersebut.

BACA JUGA: Kalah Pemilu Bisa Bikin Stress! Kenali Gejala Election Stress Disorder dan Cara Mengatasinya

8. Menghindari Isolasi

Jangan biarkan hewan peliharaan terisolasi dalam waktu yang lama. Isolasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Pastikan mereka memiliki akses untuk berinteraksi dengan Anda atau dengan hewan lain.

9. Kenali Tanda-tanda Stres

Penting untuk mengenali tanda-tanda stres pada hewan peliharaan seperti perubahan perilaku, nafsu makan menurun, bersembunyi, atau agresi. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, cari tahu penyebabnya dan lakukan langkah-langkah untuk mengurangi stres mereka.

Dengan menjaga lingkungan yang aman, rutinitas yang teratur, serta perhatian terhadap kebutuhan fisik dan mental, Anda dapat membantu hewan peliharaan Anda hidup lebih bahagia dan bebas dari stres. (*)

Artikel ini ditulis oleh Nanda Ulya Darojat, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: