Jika Benar-benar Pecinta Binatang, Lakukan 9 Tip Ini Agar Peliharaan Anda Tidak Stres

Jika Benar-benar Pecinta Binatang, Lakukan 9 Tip Ini Agar Peliharaan Anda Tidak Stres

Stres tak hanya dialami oleh manusia, tapi hewan juga bisa mengalaminya. Maka sebaiknya hindarilah dengan 9 tip berikut ini. --iStockphoto

HARIAN DISWAY - Sebagai pecinta binatang, penting untuk memastikan hewan peliharaan Anda tidak mengalami stres. Stres dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental hewan. Berikut beberapa tip untuk merawat binatang agar tetap sehat dan tidak stres:

1. Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Pastikan hewan peliharaan memiliki tempat yang aman dan nyaman. Tempat tidur yang bersih, tempat makan dan minum yang teratur, serta ruang yang cukup untuk bergerak. Lingkungan yang terlalu bising atau tidak stabil dapat menyebabkan stres pada hewan.

2. Rutinitas yang Teratur

Hewan peliharaan merasa lebih aman dan nyaman dengan rutinitas yang teratur. Memberi makan pada waktu yang sama setiap hari, waktu bermain yang konsisten, dan jadwal tidur yang tetap membantu mengurangi kecemasan.

BACA JUGA: 5 Tip Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Iduladha

3. Aktivitas Fisik yang Cukup

Setiap hewan memerlukan aktivitas fisik yang cukup sesuai dengan spesies dan rasnya. Anjing membutuhkan berjalan-jalan dan bermain, sementara kucing mungkin membutuhkan mainan yang merangsang fisik dan mental. Aktivitas ini membantu mengurangi kebosanan dan stres.

4. Stimulasi Mental

Berikan stimulasi mental untuk hewan peliharaan melalui mainan, teka-teki makanan, atau pelatihan. Stimulasi mental membantu menjaga otak mereka aktif dan mencegah stres yang disebabkan oleh kebosanan.

5. Interaksi Sosial

Interaksi sosial sangat penting untuk hewan peliharaan. Anjing biasanya membutuhkan banyak interaksi dengan manusia dan hewan lain, sementara kucing mungkin memerlukan lebih sedikit tetapi tetap membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

Luangkan waktu setiap hari untuk bermain dan berinteraksi dengan hewan peliharaan Anda.

BACA JUGA: Berhasil Bangkit Pasca Pandemi, Wamenparekraf Puji Kebun Binatang Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: