Mengapa Minum Air Putih Penting? Ini 10 Manfaat yang Harus Anda Ketahui

Mengapa Minum Air Putih Penting? Ini 10 Manfaat yang Harus Anda Ketahui

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. --Pinterest

5. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Asupan air yang cukup membantu melarutkan zat-zat yang bisa mengkristal di ginjal, seperti kalsium dan oksalat, dan mencegah pembentukan batu ginjal. Dehidrasi meningkatkan risiko batu ginjal, sehingga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

BACA JUGA: Air Bersih Mulai Mengalir di IKN, Aman Bisa Langsung Diminum

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan memberikan rasa kenyang lebih cepat, sehingga membantu mengurangi asupan kalori. Studi menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 30 persen selama satu setengah jam.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih sehat dan lembap. Kurangnya air bisa membuat kulit kering dan kusam. Minum cukup air membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

8. Mengatur Suhu Tubuh

Air membantu mengatur suhu tubuh melalui keringat. Saat beraktivitas fisik atau berada di lingkungan panas, tubuh kehilangan cairan melalui keringat. Minum cukup air membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mencegah dehidrasi.

BACA JUGA: Beda Takaran Ideal Air Putih Harian untuk Lelaki dan Perempuan Dewasa

9. Membantu Fungsi Pencernaan

Air membantu proses pencernaan dengan melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan, serta membantu membuang limbah dari tubuh. Minum cukup air juga bisa mencegah sembelit dengan melunakkan tinja.

10. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kehilangan sedikit saja cairan tubuh bisa menyebabkan penurunan kinerja fisik yang signifikan. Dehidrasi bisa menyebabkan perubahan suhu tubuh, berkurangnya motivasi, dan meningkatnya rasa lelah. Minum cukup air sangat penting untuk menjaga performa fisik, terutama saat berolahraga intensif.

Secara keseluruhan, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih setiap hari sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: