Alasan Software, Tesla Tarik 5.836 Mobil yang Diimpor ke Tiongkok

Alasan Software, Tesla Tarik 5.836 Mobil yang Diimpor ke Tiongkok

Tesla Model 3 yang dipamerkan di sebuah showroom di Tiongkok.--

HARIAN DISWAY - Tesla menarik 5.836 unit mobil yang diimpor ke Tiongkok. Penyebabnya ada masalah dengan perangkat lunak atau software.

Sebanyak 5.836 unit Tesla yang direcall itu terdiri dari Model 3, Model S, dan Model X. Semuanya diimpor dari Amerika Serikat pada rentang periode 12 Januari 2019 hingga 26 April 2024.

Kabar ini disampaiakn situs web Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar (SAMR) Tiongkok sejak pekan lalu.

Beberapa masalah software yang terjadi berkaitan dengan faktor safety. Misalnya peringatan suara atau visual dari perangkat pengingat sabuk pengaman yang tidak berfungsi dengan baik.

Padahal peringatan itu harusnya berjalan setelah mobil dinyalakan atau saat pengemudi tidak mengenakan sabuk pengaman.

Karena alasan manufaktur, beberapa kendaraan yang termasuk dalam penarikan ini memiliki masalah pada kursi pengemudi yang tidak normal.

BACA JUGA:BYD Salip Tesla Jadi Mobil Listrik Terlaris di Kuartal IV 2023

Penarikan kembali itu akan dilaksanakan mulai 1 Juli. Tesla akan melakukan perbaikan lewat upgrade software versi 2024.20.3 atau lebih tinggi melalui pembaruan OTA (over the air).

Upgrade itu tanpa biaya. Pengguna juga dapat menyelesaikan peningkatan perangkat lunak tanpa mengunjungi toko.

Untuk kendaraan yang tidak dapat ditarik kembali melalui OTA, Tesla akan menghubungi pengguna untuk memeriksa fungsi pengingat sabuk pengaman pengemudi. Hal itu juga gratis. Termasuk pula di dalamnya perbaikan beberapa fungsi kendaraan yang rusak.

"Sebelum penarikan kendaraan dilaksanakan, pengguna harus mengemudikan kendaraan dengan hati-hati, demikian pengumuman tersebut," tulis pengumuman itu.

BACA JUGA:Fitur Full Self-Driving Tesla Siap Mengaspal di Tiongkok, Uji Coba di Nanhui New City Shanghai

Penarikan 5.836 unit Tesla itu merupakan kasus yang kedua di Tiongkok sejak tahun ini.

Pada 23 Februari 2024, Tesla menarik kembali 8.700 kendaraan di Tiongkok. Kala itu masalahnya terkait perangkat lunak yang menyebabkan kamera mundur mungkin tidak ditampilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: