Francisco Conceicao Jadi Pahlawan Kemenangan Portugal, Begini Pujian Roberto Martinez

Francisco Conceicao Jadi Pahlawan Kemenangan Portugal, Begini Pujian Roberto Martinez

PORTUGAL vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceiao yang selamatkan Selecao das Quinas. Cristiano Ronaldo memuji Francisco Conceciao.-Patricia de Melo Moreira-AFP

HARIAN DISWAY - Nama Francisco Conceicao langsung meroket di ajang Euro 2024. Itu setelah, ia menjadi pahlawan kemenangan timnas Portugal 2-1 atas Republik Ceko di matchday pertama Grup F.

Hebatnya, gol itu ia ciptakan hanya 1,5 menit setelah ia masuk lapangan. Pelatih Roberto Martinez memasukkan pemain FC Porto itu pada menit ke-90. Menggantikan Vitinha.

Situasinya, Pedro Neto sedang melakukan built up di sisi sayap kiri Portugal. Francisco Conceicao mencari ruang di dalam kotak penalti. Neto mengirim umpan silang.

BACA JUGA:Portugal vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceicao yang Selamatkan Selecao das Quinas

Bola sempat dihadang oleh bek tengah Ceko Robin Hranac. Namun, kontrol bolanya buruk. Bola terlepas dari kakinya dan menggelinding liar. Conceicao tak membuang waktu. Ia mengambil bola, dan menendangnya dari jarak dekat.

Bola menembus melewati bawah lengan kiper Ceko Jindrich Stanek yang terentang putus asa.


FRANCISCO Conceicao jadi pahlawan kemenangan Portugal, begini pujian Roberto Martinez. Foto: Conceicao melepaskan tendangan jarak pendek ke gawang Ceko.-Karina Hessland-Reuters via Guardian

Sekilas, gol itu seperti kebetulan. Ia hanya beruntung saja karena kebetulan ada di sana waktu Pedro Neto mengirim umpan silan. Ia juga beruntung karena bek Ceko membuat blunder besar.

Namun, bagi Roberto Martinez, yang dilakukan Conceciao bukan semata keberuntungan. Menurutnya, pemain 21 itu mendapatkan momentum. Dan ia memanfaatkannya dengan sangat, sangat baik. Tak sedikit pemain yang menghadapi situasi serupa. Tapi gagal membuat gol.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan Ronaldo Kembali Bela Portugal walau Sempat Dicadangkan di Piala Dunia 2022

BACA JUGA:Portugal vs Irlandia: Ronaldo Cetak Gol ke-130, Jauhi Rekor Messi di Timnas

"Francisco adalah contoh yang bagus tentang apa yang disebut kelayakan," kata Roberto Martinez dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip Reuters.

"Ia pantas berada di sini (Euro 2024), dan menunjukkan bahwa ia sangat siap membantu tim ini," paparnya.

"Francisco melakukan apa yang telah iia lakukan selama empat bulan terakhir di klubnya. Mencetak gol ketika baru dua menit masuk lapangan tidak mudah. ​​Ia menunjukkan karakter dan nilai dirinya setelah memastikan masuk ke skuad timnas," papar pelatih asal Spanyol tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters