Perairan Bali Dirancang Jadi Seaplane Hub Pertama di Indonesia: Kemenhub Lakukan Uji Coba Lepas Landas dan Mendarat

Perairan Bali Dirancang Jadi Seaplane Hub Pertama di Indonesia: Kemenhub Lakukan Uji Coba Lepas Landas dan Mendarat

Pesawat berbasis perairan (seaplane) mendarat di Pantai Mertasari Bali dalam rangkaian uji coba operasional seaplane hub di perairan selatan Bali-Kemenhub-

Selain itu, Baketrans juga sudah memetakan lima lokasi bandar udara perairan yang sudah disurvei dalam segala aspek, yakni Danau G20, Pantai Jerman, Pantai Sanur, Pantai Geger, dan Pantai Mertasari.

"Dari hasil kajian tersebut lokasi yang terpilih adalah Pantai Mertasari dengan pertimbangan nilai kelayakan pengoperasian, pengembangan wilayah, ekonomi dan finansial, teknis Pembangunan, angkutan udara, lingkungan dan sosial yang tertinggi,” jelas Robby.

Lebih lanjut Robby mengatakan bahwa Baketrans juga sudah melakukan review terhadap semua regulasi dalam rangka mendukung pengoperasian seaplane, penyusunan standar operasional prosedur dan NSPK, serta standar minimum yang diperlukan dalam membangun bandar udara perairan yang sifatnya umum. Dalam hal ini tentunya tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang dengan seluruh stakeholders.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: