Offside Atau Tidak? Ronald Koeman Marah Besar Gol Xavi Simons Dianulir, Ini Argumennya

Offside Atau Tidak? Ronald Koeman Marah Besar Gol Xavi Simons Dianulir, Ini Argumennya

BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Xavi Simons (kiri) merayakan gol di menit ke-67.-Franck Fife-AFP

HARIAN DISWAY - VAR (video assistant referee) hadir untuk meminimalkan kontroversi di sepak bola. Juga membantu wasit menciptakan keputusan yang lebih adil.

Namun, keputusan wasit dalam pertandingan big match antara Belanda vs Prancis di fase Grup D Euro 2024 Sabtu, 22 Juni 2024 dini hari tadi tetap memunculkan kontroversi.

Wasit Anthony Taylor membatalkan gol gelandang Belanda Xavi Simons setelah mengecek video. Dari hasil diskusi (yang agak lama) dengan wasit VAR Stuart Attwell, mereka memutuskan gol itu tidak sah.

BACA JUGA:Belanda vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons Dianulir, Les Bleus Diselamatkan VAR

Sebagaimana diberitakan, Belanda sempat leading pada menit ke-67 setelah gelandang belia Xavi Simons memanfaatkan bola rebound dan menaklukkan kiper Prancis Mike Maignant. Namun, di sebelah kiri Maignan, berdirilah bek Belanda Denzel Dumfries.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Simons (kiri) menendang bola ke gawang Prancis, tapi ada Denzel Dumfries (kanan) di belakang bek Prancis.-Antonio Callani -AP via Guardian

Posisi Dumfries offside. Namun, ia tidak dalam posisi menerima bola atau menghalangi pandangan kiper. Ia tidak ada sangkut pautnya dengan gol Simons yang tercipta dengan cantiknya.

Tentu saja, keputusan duet wasit Premier League itu memicu kemarahan besar dari kubu timnas Belanda. Pelatih Oranje (sebutan Belanda) Ronald Koeman menyebut keputusan itu sangat diragukan. Sebab, Stuart dan Atwell membutuhkan waktu begitu lama untuk membuat keputusan.

BACA JUGA:N'Golo Kante Panik Mbappe Patah Hidung, Bisa Main Lawan Belanda?

BACA JUGA:Lika-Liku Ian Maatsen: Bek Timnas Belanda Keturunan Jawa-Suriname yang Batal Dinaturalisasi Indonesia

Ya, Anthony Taylor dan Stuart Attwell butuh waktu lebih dari 2,5 menit untuk menyatakan bahwa Denzel Dumfries melakukan intervensi terhadap gol. Dan berpotensi menggagalkan segala upaya Maignan untuk melakukan penyelamatan.

"Jika offside, maka Anda tidak perlu menghabiskan waktu 5 menit untuk menyentuh telinga Anda," kecam Ronald Koeman dalam konferensi pers. "Saya enggak ngerti, deh. Jika Anda memiliki banyak keraguan, harusnya Anda mengesahkan gol itu!"

"Dumfries tidak menghalangi kiper. Bukan karena posisi Dumfries yang membuat (Mike) Maignan tidak mengejar bola. Mike Maignan tidak bereaksi karena ia tidak bisa mendapatkan bola," papar Koeman.


OFFSIDE atau tidak? Ronald Koeman marah besar gol Xavi Simons dianulir. Foto: Posisi Denzel Dumfries (kanan) ketika gol Simons terjadi -Franck Fife-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc