Offside Atau Tidak? Ronald Koeman Marah Besar Gol Xavi Simons Dianulir, Ini Argumennya

Offside Atau Tidak? Ronald Koeman Marah Besar Gol Xavi Simons Dianulir, Ini Argumennya

BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Xavi Simons (kiri) merayakan gol di menit ke-67.-Franck Fife-AFP

BACA JUGA:Virgil van Dijk: Kapten Belanda Keturunan Suriname, Bukan Berdarah Indonesia, tetapi...

"Ia (Maignan) tidak akan pernah mencapai bola itu. Itu adalah gol yang sah. Sekali lagi, Dumfries tidak mengganggu kiper!" Tegas mantan bintang timnas Belanda yang menjuarai Euro 1988 itu.

Kapten Belanda Virgil van Dijk mendukung pernyataan sang pelatih. "Dari apa yang saya lihat, gol (Xavi Simons) tersebut seharusnya disahkan," ucapnya.

Lalu, sebenarya gol Mike Simons sah atau tidak? Jika merujuk pada peraturan FIFA maupun UEFA, jelas tidak sah. Karena Denzel Dumfries memang offside.

Tapi, apakah Dumfries tetap dianggap offside, jika ia tidak sedang dalam situasi membawa bola atau menerima bola?

BACA JUGA:Polandia vs Belanda 1-2: Wout Weghorst Selamatkan Muka Singa Belanda

BACA JUGA:Belanda vs Islandia 4-0: Oranje Siap Meledak di Euro 2024

Meski Dumfries tidak menyentuh bola, bukan berarti dia tidak offside dan mengganggu permainan. Memang itu sangat subjektif. Tergantung dari intepretasi wasit. Apakah mereka menganggap ia bakal mengintervensi atau mengganggu upaya kiper melakukan penyelamatan.


OFFSIDE atau tidak? Ronald Koeman marah besar gol Xavi Simons dianulir. Foto: Wasit Anthony Taylor berbicara dengan kapten Belanda Virgil van Dijk dan kapten Prancis Antoine Griezmann. -Franck Fife-AFP

Yang jelas, dikutip dari law of the game International Football Association Board, seorang pemain dapat dianggap offside dan melakukan intervensi dalam beberapa situasi berbeda, termasuk:

- mencegah lawan bermain, atau

- memainkan bola dengan menghalangi pandangan lawan secara jelas, atau

- menantang lawan untuk merebut bola, atau dengan jelas mencoba memainkan bola dalam jarak dekat ketika tindakan ini berdampak pada lawan, atau

- melakukan tindakan nyata yang jelas berdampak pada kemampuan lawan dalam memainkan bola.

BACA JUGA:Timnas Belanda Coret Pemain Dortmund Keturunan Indonesia, Ini 26 Pemain Pilihan Koeman di Euro 2024!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc