PORAL: Cara TNI-AL Menjaring Atlet Muda

PORAL: Cara TNI-AL Menjaring Atlet Muda

Piala bergilir Poral Wiltim saat diserahkan kembali ke Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo, Selasa 25 Juni 2024-Dispen Koarmada II-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - TNI Angkatan Laut ingin mencari bibit unggul untuk dijadikan atlet di beberapa cabang olahraga. Satuan ini melakukan melaksanakan pekan olahraga TNI-AL wilayah Timur (PORAL Wiltim) 2024.

Pembukaan Poral Wiltim ini dilakukan di Lapangan Jala Krida Mandala, Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya, Selasa 25 Juni 2024. Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo membuka acara itu.

“Poral ini terbagi dalam dua wilayah. Barat dan timur. Jadi, walau ada koarmada III, tetap mereka masuk di wilayah timur. Ini kegiatan rutin setiap tahun,” kata jenderal bintang dua itu, saat ditemui awak media usai pembukaan, Selasa 25 Juni 2024.

Tujuannya tidak hanya untuk memacu semangat berprestasi, soliditas dan solidaritas di lingkungan TNI AL. Tetapi ia menegaskan, poral ini adalah cara TNI-AL mencari bibit unggul untuk dijadikan atlet di beberapa cabang olahraga.

BACA JUGA: Dua KRI Baru untuk Koarmada II

Poral wiltim ini juga sebagai salah satu alat ukur bagi prajurit TNI-AL terhadap pembinaan jasmani. “Kesamaptaan jasmani menjadi salah satu tujuan pembinaan TNI-AL. Itu untuk mendukung tugas pokok sehari-hari,” tegasnya.

Di wilayah timur, poral ini akan dilaksanakan mulai 24 - 28 Juni 2024. Dengan tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Guna Mewujudkan SDM Unggul”.

Poral wiltim 2024 ini akan mempertandingkan lima cabang olahraga. Diantaranya: sepak bola, voli, bulutangkis, tenis lapangan dan tenis meja. “Sebanyak 751 atlet dan 225 official. Mereka dari tujuh kontingen,” ungkapnya.

BACA JUGA: Stunting Takluk di Krembangan: TPS, PHC, dan Pemkot Surabaya Bersatu Padu!

Tujuh kontingen yang dimaksud adalah kontingen Kodiklatal, Koarmada II, Koarmada III, AAL, Puspenerbal, gabungan Pasmar 2 dan pasmar 3, serta kontingen gabungan unit pelaksana teknis (UPT) Mabesal wilayah timur.

“Untuk perlombaan yang unsur air, punya ruang tersendiri. Bukan di momen ini. Nanti ada Kasal Cup. Jadi, di Poral Wiltim ini hanya melombakan lima cabor tadi saja. Saya berharap ada atlet TNI-AL yang lahir dari acara ini,” terangnya.

Dalam pembukaan Poral Wiltim 2024 ini, mahasiswa Papua yang bersekolah di Surabaya juga menunjukkan penampilan tarian daerah mereka. Termasuk memberikan topi khas Papua kepada panglima Koarmada II. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: