Cuaca Kota Semakin Panas! Kepala BMKG Bicara Urban Heat Island di Kampus ITS

Cuaca Kota Semakin Panas! Kepala BMKG Bicara Urban Heat Island di Kampus ITS

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kampus ITS berbicara tentang dampak Urban Heat Islan (UHI)-BMKG-

Dalam kesempatan tersebut, mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini juga menjelaskan secara rinci apa saja yang menjadi tugas dan kewenangan BMKG.

BACA JUGA:Suhu Bumi Meningkat Dekati 1,5 Derajat Celcius, BMKG Tekankan Urgensi Penanganan Dampak Perubahan Iklim

Diutarakannya bahwa tugas utama BMKG adalah melakukan monitoring secara sistematis dan berkesinambungan, agar analisis untuk prediksi dan proyeksi puluhan hingga seratus tahun kedepan dapat dihasilkan secara tepat. 

"Tanpa data, analisis tidak dapat dilakukan. Kita membutuhkan data sebagai verifikasi atau asimilasi untuk membantu tugas BMKG dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Supaya tidak salah langkah, maka harus berbasis data, termasuk dalam memitigasi UHI ini," tegasnya. 

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITS dengan BMKG untuk meningkatkan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat memenuhi target BMKG untuk mencetak 500 doktor baru sebelum tahun 2030.

Rencana ini menjadi bagian dari upaya transformasi BMKG menjadi institusi kelas dunia  dengan memberi pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia dan berkontribusi positif bagi dunia.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: