Cegah Karhutla, BMKG Tebar 13 Ton Garam di Langir Kalbar

Cegah Karhutla, BMKG Tebar 13 Ton Garam di Langir Kalbar

BMKG bekerjasama dengan TNI dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove melakukan persiapan untuk operasi modifikasi cuaca di langit provinsi rawan karhutla seperti Kalbar-BMKG-

HARIAN DISWAY - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali menggelar Operasi Modifikasi Cuaca (OMC). Kali ini di langit Kalimantan Barat.

OMC ini bertujuan untuk mencegah karhutla dengan melakukan pengisian terhadap kanal-kanal di lahan gambut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa OMC telah dilaksanakan sejak 25 Juni dan direncanakan akan berlangsung hingga 5 Juli 2024 mendatang.

BACA JUGA:BMKG Gelar Operasi Modifikasi Cuaca Serentak di 5 Provinsi Rawan Karhutla

“Bulan Juli hingga September 2024, secara historis terjadi puncak Karhutla di Provinsi Kalbar dan umumnya di provinsi lain yang memiliki kerentanan terhadap Karhutla,” kata Dwikorita di Jakarta, Jumat, 28 Juni 2024.

Data Pemantau Air Lahan Gambut (SIPALAGA) yang dipublikasikan oleh Badan Restorasi gambut dan Mangrove (BRGM) saat ini menunjukkan sebagian besar lahan gambut yang berada di Kalbar mulai mengering dan ketinggian air dalam tanah di bawah 40 cm.

Ketinggian muka air tanah gambut ini sangat rendah dan menunjukkan status rawan. 

BACA JUGA:Cegah Kekeringan dan Karhutla, BMKG Terjunkan 4 Pesawat TNI untuk Modifikasi Cuaca

Berdasarkan data tersebut, menurut Dwikorita, OMC yang saat ini dilakukan menjadi sangat penting sebagai upaya BMKG bersama stakeholder dalam mencegah Karhutla terjadi di Kalbar.

Jika Karhutla terjadi dan meluas maka dampak negatif yang dihasilkan akan sangat buruk bagi masyarakat luas. 

“Berdasarkan data Sipongi KLHK, tahun 2023 terindikasi lahan terbakar di Kalbar mencapai 111.848 hektare. Tentunya ini sangat luas dan OMC akan berupaya untuk memitigasi agar tidak terulang kejadian serupa,” ujarnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: