Portugal vs Slovenia 0-0 (3-0): Selecao das Quinas Lolos dari Lubang Jarum, Diogo Costa Jadi Pahlawan

Portugal vs Slovenia 0-0 (3-0): Selecao das Quinas Lolos dari Lubang Jarum, Diogo Costa Jadi Pahlawan

PORTUGAL vs Slovenia 0-0 (3-0): Selecao das Quinas lolos dari lubang jarum, Diogo Costa jadi pahlawan. Foto: Dua pahlawan Portugal, Diogo Costa dan Bernardo Silva.-Javier Soriano-AFP

BACA JUGA:Georgia vs Portugal: Cristiano Ronaldo Tetap Main Meski Selecao Sudah Lolos, Ini Alasannya

Lini tengah Portugal seolah tidak bisa berbuat apa-apa menghadapi disiplinnya pertahanan Slovenia. Mereka hanya terus mengirim umpan ke Cristiano Ronaldo. Yang lagi-lagi digagalkan oleh si tembok Jan Oblak.


PORTUGAL vs Slovenia 0-0 (3-0): Selecao das Quinas lolos dari lubang jarum, Diogo Costa jadi pahlawan. Foto: Cristiano Ronaldo meminta maaf setelah gagal mencetak gol di babak pertama.-UEFA-

Kalaupun ada pemain Portugal yang lolos tak terbendung, akurasi tendangan mereka yang lemah berhasil membuat gawang Jan Oblak tetap perawan. Salah satunya adalah tembakan Joao Palhinha yang membentur tiang pada akhir babak pertama.

Para pemain Portugal merasa sangat rasa tidak nyaman ketika pertandingan memasuki jeda. Di babak kedua, kerja sama Ronaldo dan Bernardo Silva seolah membuka peluang. Namun, lompatan Ronaldo (yang sudah berusia 39 tahun) jelas tak setinggi dulu. Ia gagal menyambut umpan silang yang melayang di udara tersebut.

BACA JUGA:Kalahkan Turkiye 3-0, Ini Calon Lawan Portugal di Babak 16 Besar Euro 2024: Inggris, Italia, atau...

Portugal mengulangi gerakan yang sama 10 menit kemudian. Ronaldo bangkit di tepi kotak enam yard menyambut bola, menggoda Silva dengan hasil yang sama. Lagi-lagi, gagal.

Pelatih Portugal Roberto Martinez memasukkan Francisco Conceicao di menit ke-76. Berharap pemain berusia 21 tahun itu menjadi pahlawan lagi seperti saat mengalahkan Rep Ceko di fase grup. Namun, kali ini ia tidak membuat perbedaan.


PORTUGAL vs Slovenia 0-0 (3-0): Selecao das Quinas lolos dari lubang jarum, Diogo Costa jadi pahlawan. Foto: Bernardo Silva menentukan kemenangan Portugal.-UEFA-

Laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu. Untuk sesaat sepertinya Ronaldo bisa meraih kemenangan pada menit ke-89. Sebab, Portugal mendapatkan penalti setelah Diogo Jota dijatuhkan di kotak terlarang.

BACA JUGA:Rapor Pemain Portugal vs Ceko: Ronaldo Cetak Rekor, Conceicao Jadi Pahlawan, Pepe Solid, Sisanya...

BACA JUGA:Full Cycle: Profil Francisco Conceicao, Anak Legenda Portugal yang Digantikan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi eksekutor. Ia mengincar gelar sebagai pencetak gol tertua di Euro. Namun, tendangannya diblok Jan Oblak! Jelas sekali terlihat raut frustrasi di wajahnya. Ronaldo bahkan tampak menangis ketika babak tambahan waktu selesai. Dan laga berlanjut ke adu penalti.

Pada babak itu, kiper Portugal Diogo Costa menunjukkan kelasnya. Ia memblok tendangan Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbic. Di sisi lain, para penendang Portugal menampilkan ketenangan luar biasa menghadapi babak tos-tosan.

Cristiano menjadi penendang pertama. Dan kali ini ia berhasil menaklukkan Jan Oblak. Arah tendangannya terbaca, tapi laju bolanya tak terbendung. Setelah itu, Bruno Fernandes dan Bernardo Silva berturut-turut menjalankan tugas dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the guardian