Austria vs Turkiye 1-2: Balas Dendam Manis Bawa Arda Guler dkk ke Perempat Final Euro 2024

Austria vs Turkiye 1-2: Balas Dendam Manis Bawa Arda Guler dkk ke Perempat Final Euro 2024

AUSTRIA vs Turkiye 1-2: Balas dendam manis bawa Arda Guler dkk ke perempat final Euro 2024. Foto: Merih Demiral (kanan) merayakan gol kedua ke gawang Austria.-Ronny Hartman-AFP

HARIAN DISWAY - Pembalasan itu rasanya manis. Apalagi, kalau dilakukan di level yang lebih tinggi dan event yang lebih bergengsi. Turkiye berhasil melangkah ke perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 Besar, 3 Juli 2024.

Turkiye membalas kekalahan pahit 1-6 dalam laga uji coba pada Maret 2024 lalu. Namun, pembalasan Arda Guler dkk tentu lebih memuaskan. Karena terjadi di ajang resmi: babak knockout turnamen terbesar Eropa.

Dalam pertandingan di Red Bull Arena, Leipzig itu, Turkiye sudah leading ketika menit pertama laga belum juga berlalu. Yakni lewat gol Merih Demiral. Ay-Yildizlilar alias si Bulan Sabit, sebutan Turkiye, menambah keunggulan lewat pemain yang sama pada menit ke-58.

BACA JUGA:Super Panas! Laga Turkiye vs Rep Ceko Catat Rekor 18 Kartu Kuning dan 2 Kartu Merah, Siapa Saja?

Sedangkan Austria, yang di fase grup mengalahkan tim kuat Belanda itu, hanya menipiskan ketinggalan lewat Michael Gregoritsch pada menit ke-66.


AUSTRIA vs Turkiye 1-2: Balas dendam manis bawa Arda Guler dkk ke perempat final Euro 2024. Foto: Para pemain Turkiye merayakan lolosnya mereka ke perempat final Euro 2024. -Javier Soriano-AFP

"Berkat gol di menit awal tadi, kami bisa bermain lebih akurat dan bertahan dengan lebih baik. Hasilnya, kami sempat leading 2-0," kata Vincenzo Montella, pelatih Turkiye, dalam konferensi pers yang dikutip situs resmi UEFA. "Kami bekerja keras hari ini," imbuhnya.

Vincenzo Montella menjelaskan, mereka melakukan persiapan yang berbeda untuk menghadapi taktik Austria. Sayang, ia tidak menjelaskan dengan detail perbedaan tersebut.

BACA JUGA:Euro 2024: Turkiye Menang Dramatis 2-1, Kapten Ceko Kecewa

BACA JUGA:Viral! Arda Guler Dikucilkan Vincenzo Montella, Federasi Turkiye Buka Suara

"Yang jelas, kami sukses meredam permainan mereka (Austria, Red). Kami agak keteteran menjelang akhir pertandingan, tapi kami mengatasinya dengan semangat dan keteguhan hati," paparnya.

Jalannya Pertandingan Austria vs Turkiye

BBC menyebut Austria vs Turkiye sebagai pertandingan terbaik di Euro 2024 sejauh ini. Laga berjalan intens dengan kecepatan tinggi. Kedua tim bermain mengusung semangat pantang pulang sebelum menang, di bawah guyuran hujan lebat.

Dari gol pertama Merih Demiral di menit pembuka, hingga penyelamatan menakjubkan kiper Turkiye Mert Gunok di menit terakhir, hampir tidak ada waktu bagi penonton untuk menarik napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa