Indonesia Pastikan Kirim 29 Atlet dari 12 Cabor di Olimpiade Paris 2024

Indonesia Pastikan Kirim 29 Atlet dari 12 Cabor di Olimpiade Paris 2024

Ketum KOI Raja Sapta Oktohari memastikan Indonesia mengirim 29 atlet dari 12 cabor ke Olimpiade Paris 2024-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Jumlah atlet Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 sudah final. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memastikan ada 29 atlet dari 12 cabor yang akan berangkat ke Prancis.

Dalam acara Reveal Jersey Merah Putih pada Kamis, 4 Juli 2024, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan kualifikasi untuk cabor potensial sudah berakhir. Artinya kuota Indonesia tidak ada perubahan lagi.

“Jadi sudah final 29 atlet dari 12 cabor. Artinya dari sisi jumlah atlet ini bertambah. Sebetulnya kemarin hitungan kami 27 atlet. Dapat tambahan dua dari renang jadi 29 atlet. Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan bisa terjadi di Olimpiade,” ungkap Okto.

Dua tambahan itu berasal dari cabor renang. Mereka mendapat kuota melalui universality place atau wildcard. Joe Aditya dan Azzahra Permatahani menjadi atlet terakhir yang masuk tim Indonesia.

Kuota terbanyak berasal dari bulu tangkis. Mereka mengirimkan sembilan atlet dari lima sektor. Ada Anthony SInisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari.

Panjat tebing mengirim kuota maksimal dari nomor speed. Mereka adalah Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rahamad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, dan Rajjiah Sallsabillah. Ini merupakan pertama kalinya panjat tebing berlaga di Olimpiade.

BACA JUGA:Desainer Didit Hediprasetyo Rancang Apparel Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Greysia Polii Luncurkan Buku Biografi 'Menembus Garis Batas: Perjuangan 30 Tahun dan Emas Olimpiade!

Angkat besi memberangkatkan tiga lifter. Eko Yuli Irawan akan tampil untuk keempat kalinya di Olimpiade. Diikuti Nurul Akmal dan Rizki Juniansyah. Ketiga cabor diatas merupakan cabor unggulan Indonesia mendulang medali.

Selain itu, ada Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Rio Waida (surfing), La Memo (dayung), Bernard Van Aert (Balap Sepeda), Maryam March Maharani, dan Lalu Muhammad Zohri (atletik).

Ada empat kuota dari panahan yang terhitung entry by number karena mereka belum memilih atlet yang berangkat.

Jumlah atlet ini menjadi yang terbanyak dalam 16 tahun terakhir. Pada Olimpiade Athena 2004, Indonesia meloloskan 38 atlet. Kemudian 24 atlet di Olimpiade Beijing 2008, 22 atlet di Olimpiade London 2012, dan masing-masing 28 atlet di Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Partisipasi terbanyak saat Olimpiade Sydney 2000 dengan jumlah 47 atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: