Bank Digital RI Tumbuh Pesat! Gara-gara Gen Z?

Bank Digital RI Tumbuh Pesat! Gara-gara Gen Z?

Gen Z lebih pilih bank digital-Twin Mummy and Daddy-

HARIAN DISWAY - Perbankan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Mei 2024, Bank Indonesia (BI) mencatat nominal transaksi perbankan digital mencapai Rp 5.570,49 triliun, meningkat 10,82% secara tahunan.

Begitu pula riset terbaru dari Populix bertajuk Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia menunjukkan sebagai berikut:

  • Fitur keamanan data dan transaksi 31%
  • Fleksibilitas dalam mengakses aplikasi 12%
  • Integrasi dengan layanan keuangan lain 11%
  • Promo khusus 10%

Poin-poin itu adalah faktor utama yang dicari dari aplikasi bank digital. Faktor-faktor tersebut mendukung pesatnya laju perbankan digital di Indonesia.

BACA JUGA:Prof Sautama Dikukuhkan Jadi Guru Besar ke-18 di PCU, Soroti Rendahnya Literasi Keuangan hingga Sikap Konsumtif Gen Z

BACA JUGA:Sandiaga Uno Sebut Gen Z Sulit Punya Rumah Tanpa Program Seperti Tapera


Gen Z Disarankan untuk Mulai Lirik Investasi Emas, Tabungan Jangka Panjang-Disway/Sabrina Hutajulu-

"Pertumbuhan perbankan digital didorong kuat oleh Gen Z yang merupakan kelompok generasi terbesar saat ini. Sebagai generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital sejak usia muda, Gen Z memainkan peran penting dalam ekosistem perekonomian digital," ucap VP of Research Populix, Indah Tanip, Selasa, 9 Juli 2024.

Indah menjelaskan bahwa SeaBank, Bank Jago, dan Blu by BCA adalah tiga bank digital terbesar yang menjadi pilihan Gen Z. S

eaBank menguasai 57% pangsa pasar, Bank Jago 36%, dan Blu by BCA 26%. Hasil survei menunjukkan bahwa SeaBank memiliki seluruh fitur yang dicari oleh nasabah.

Keterbukaan Gen Z terhadap teknologi dan internet mendorong mereka untuk memiliki ekspektasi berbeda terhadap produk dan layanan perbankan.

BACA JUGA:6 Ide Kegiatan Lomba Hari Kartini Bagi Gen Z

BACA JUGA:Tren Bank Digital

"Bank digital menjadi jawaban atas keinginan mereka terhadap transaksi yang cepat, nyaman, dan aman," jelas Indah dalam konferensi pers mengenai persepsi Gen Z terhadap bank digital di Indonesia, kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: survei populix “studi analisis ekosistem dan persepsi terhadap bank digital di indonesia”