Air Bersih Mengalir Pekan Ini di IKN, Bandara VVIP Siap Agustus

Air Bersih Mengalir Pekan Ini di IKN, Bandara VVIP Siap Agustus

Desain Bandara VVIP IKN.-Otorita IKN-

HARIAN DISWAY - Progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) memang sempat terkendala cuaca. Hujan mengguyur tiada henti di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belakangan. Sejumlah proyek pun sempat terhambat, termasuk Bandara VVIP.

Padahal, pemerintah menargetkan bandara tersebut menjalani uji coba pada bulan ini. Dan mulai aktif melayani beberapa penerbangan pembuka pada Agustus 2024 di momen HUT RI ke-79.

Namun, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tetap memastikan Bandara VVIP di IKN sudah bisa digunakan pada Agustus. Ia sudah mengecek langsung di lapangan dua hari berturut-turut sebelumnya.

BACA JUGA:Menteri PUPR: Groundbreaking IKN Tahap Ke-7 Dimulai Akhir Juli

BACA JUGA:1.000 Warga Kaltim Diundang Upacara 17 Agustus di IKN


Menhub Sebut Hujan Jadi Tantangan Terbesar Pembangunan Bandara IKN, Sebulan hanya 8 Hari Cerah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek pembangunan Bandara IKN.- Dok. Kemenhub-

 

“Ya, kemarin dua hari saya ke IKN, hari Jumat dan Sabtu. Tujuannya saya melaksanakan tugas tindak lanjut dari pembangunan bandara,” terang Budi kepada wartawan di Depok, Minggu, 14 Juli 2024.

Budi mencatat, hingga kini progres pembangunan bandara ibu kota baru tersebut sudah hampir menyentuh 60 persen. Ia optimistis bisa rampung tak sampai satu bulan. Selain bandara, Budi juga tengah menyiapkan Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta trem otonom.

“Akhir bulan ini trainset-nya datang. Kemenhub dan Kementerian PUPR menyiapkan line yang sudah dibuat dengan beberapa teknis seperti pembangunan marka dan sebagainya,” jelasnya.

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Molor Dari Jadwal, Menhub: Akan Diupayakan Landasan Operasional 2,2 Km

BACA JUGA:Pembangunan Bandara VVIP IKN Molor, Menhub: Hujan Terus-Terusan

Sejauh ini, imbuh Budi, aspek-aspek teknis sudah berjalan dengan baik sesuai jadwal. Berikutnya, Kemenhub juga mengkoordinasikan dengan Otorita IKN berkaitan dengan transportasi darat, terutama bus. 

“Nanti ada bus yang keliling. Nah kita bahas mana yang menjadi tanggungjawab OIKN dan mana yang menjadi kewajiban dari pemda maupun pusat,” ungkapnya. Terakhir, ia meyakini keelokan Teluk Balikpapan bisa dinikmati dengan naik ART maupun bus listrik. Di laut, juga bakal disiapkan pinisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: