Persiapan HUT RI di IKN, Sekda: Tidak Semua Warga Kaltim Bisa Hadir Langsung

Persiapan HUT RI di IKN, Sekda: Tidak Semua Warga Kaltim Bisa Hadir Langsung

Mendung bergelayut di atas langit Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Kalimantan Timur, BRIN saat ini berusaha meneliti penyebab cuaca berupa hujan deras yang hambat pembangunan IKN -OIKN-

HARIAN DISWAY - Rencana pemerintah untuk melangsungkan upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah di depan mata. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, menyampaikan ihwal kesiapan pemerintah provinsi dan masyarakat lokal dalam menyambut gelaran ini.

Sri menyampaikan mengenai hal tersebut dalam konferensi pers bertajuk “Kesiapan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Masyarakat Lokal dalam Menyambut Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan di IKN” pada Kamis, 18 Juli 2024.

Dalam persiapannya, pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki 2 tim yang bekerja secara paralel. “ Ada satu tim yang memang mempersiapkan penyelenggaraan upacara 17 Agustus di Provinsi Kaltim. Kemudian ada tim juga yang nanti berkolaborasi dengan OIKN dan sekretariat presiden untuk dukungan penyelenggaraan upacara 17 (Agustus) di IKN,” ungkap Sri.

BACA JUGA:IKN Dalam Tahap Pengisian Infrastruktur, Gaet UMKM Lokal Untuk Mengisi Kawasan Perdagangan

Di IKN, Rangkaian kegiatan pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 akan dimulai pada 10 Agustus. “Agendanya sudah akan dimulai pada 10 Agustus ketika bendera duplikat tiba di IKN,” kata Sri. Sri juga menambahkan bahwa di sepanjang jalan menuju tol anak-anak sekolah akan turut menyambut kedatangan bendera duplikat untuk menuju IKN.

Pemprov Kaltim juga akan menyiapkan umbul-umbul, baliho, dan spanduk yang didesain senada sesuai dengan edaran pemerintah. Nantinya, tamu undangan dapat menemui baliho-baliho tersebut di sepanjang bandara hingga jalan tol dari Balikpapan menuju IKN.

Mengingat besarnya jumlah penduduk di Kaltim, tidak semua warga Kaltim dapat hadir di IKN saat upacara HUT RI. Untuk mengatasi hal ini, pemprov akan menyediakan videotron di beberapa titik strategis di kabupaten/kota.

BACA JUGA:Pertamina Cari Investor SPBU di IKN: Modal mulai Rp 350 Juta hingga Rp 5 Miliar!


Menhub Sebut Hujan Jadi Tantangan Terbesar Pembangunaj Bandara IKN, Sebulan hanya 8 Hari Cerah-Dok. Kemenhub-

“Nah, kita menyiapkan nanti videotron yang bisa untuk live streaming di beberapa titik strategis di kabupaten/kota. Itu bisa jadi tempat bagi masyarakat untuk menyaksikan secara langsung prosesi upacara 17 Agustus,” papar Sri.

Menurut Sri, euforia masyarakat Kaltim sendiri sudah dirasakan sejak pembangunan IKN. Sejak saat itu, roda perekonomian di Kaltim, utamanya di Balikpapan, meningkat dengan pesat.

BACA JUGA:Kadin: Hotel Nusantara Siap Digunakan Tamu HUT RI di IKN

“Tahun kemarin tingkat pertumbuhan kita itu di atas nasional. Bahkan, di triwulan pertama tahun 2024, pertumbuhan ekonomi kita 7,3%. Di atas nasional yang (sebesar) 5,6%,” ungkapnya.

Soal adanya upacara HUT RI, Sri menyatakan bahwa masyarakat, khsusunya pelaku ekonomi di Kaltim menyambut baik gelaran ini. “Misalnya di Sepaku juga sudah mulai tumbuh usaha-usaha kuliner dan akomodasi,” sambungnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: