IKN Dalam Tahap Pengisian Infrastruktur, Gaet UMKM Lokal Untuk Mengisi Kawasan Perdagangan

IKN Dalam Tahap Pengisian Infrastruktur, Gaet UMKM Lokal Untuk Mengisi Kawasan Perdagangan

Market Gathering pengisian fasum dan fasos di KIPP IKN dan kawasan hunian menteri koordinator bekerjasama dengan UMKM lokal -OIKN-

HARIAN DISWAY - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggelar Market Gathering Pengisian Area Komersil Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) dan Rumah Susun Aparatur Sipil Negara (ASN) - Pertahanan Keamanan (Hankam) di Balikpapan pada Selasa, 16 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang bagi calon pelaku usaha potensial untuk terlibat dalam pengembangan fasilitas umum dan sosial di IKN. Hal ini guna memenuhi kebutuhan dasar ASN dan personel Hankam yang akan beroperasional mulai September 2024 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.  

Dalam gelaran ini juga dipaparkan mengenai proses penyaringan yang akan dilakukan secara terbuka dan adil bagi calon pelaku usaha.

BACA JUGA:Kadin: Hotel Nusantara Siap Digunakan Tamu HUT RI di IKN


Kawasan Inti IKN Pusat Pemerintahan (KIPP)-Kementerian PUPR-

"Tahapan selanjutnya dari kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pendampingan dan pemberdayaan kepada para pelaku usaha terpilih, sehingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada dapat berkembang dan bertumbuh bersama IKN," kata Silvia Halim, Deputi bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN.

Adapun proses seleksi untuk calon pengusaha dilakukan melalui 6 tahapan dan 3 aspek. Ketiga aspek yang perlu diperhatikan yaitu, aspek teknis yang meliputi regulasi Otorita IKN, regulasi gedung, dan regulasi sistem; kemudian aspek legal yang meliputi izin usaha, undang-undang, dan izin Otorita IKN; serta aspek jenis yang meliputi bidang usaha makanan, bidang usaha jasa, dan bidang usaha minimarket.

Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan, dan Perkotaan Otorita IKN, Desiderius Viby Indrayana juga mengungkapkan bahwa IKN kini sedang dalam tahap pengisian terhadap infrastruktur yang telah dibangun.

BACA JUGA:Pertamina Cari Investor SPBU di IKN: Modal mulai Rp 350 Juta hingga Rp 5 Miliar!

“Kita harus menghidupkan ekosistemnya, bagaimana menyediakan klinik, food and beverages (makanan dan minuman), dan yang lainnya. Oleh karena itu tugas OIKN adalah membantu pemerintah di dalam menciptakan ekosistem hunian sehingga pada akhirnya IKN sungguhlah menjadi The World Class City for All dengan mengedepankan konsep-konsep smart, green, and sustainability,” ujar Desiderius.

Atas adanya kegiatan ini, Ketua Persatuan UMKM Penajam Paser Utara, Rizal Ramadhan Sinaga, menyampaikan rasa terima kasihnya. “Semoga kedepannya UMKM-UMKM yang ada di sekitar IKN bisa terlibat dan kehadiran IKN bisa meningkatkan omset kami pelaku UMKM,” ujarnya.


Maket Memorial Park IKN dengan view langsung ke Istana Negara -Kementerian PUPR-

BACA JUGA:Investor Diberi HGU di IKN hingga 1,9 Abad, Begini Alasan Jokowi

Kegiatan market gathering ini turut dihadiri langsung oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah V Balikpapan, Perwakilan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI, serta Satuan Tugas Perencanaan Infrastruktur IKN.(*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: