FIFA Perbolehkan Israel Main di Olimpiade Paris 2024, Kok Rusia Enggak?

FIFA Perbolehkan Israel Main di Olimpiade Paris 2024, Kok Rusia Enggak?

Aksi seruan warga Palestina terkait penolakan Israel bermain di Olimpiade Paris 2024--Akun X-@leylahamed

HARIAN DISWAY – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi menunda keputusannya terkait hukuman untuk timnas Israel.

Tentu, hal ini membuat tim sepak bola Israel tetap bisa berduel dalam ajang turnamen besar Olimpiade 2024 Paris. 

Federasi Palestina (PFA) pertama kali mengajukan usulannya terkait sanksi dan penangguhan asosiasi Israel pada bulan Mei kemarin dengan alasan pelanggaran hak asasi manusia dan hukumaniter yang dilakukan Zionis di jalur Gaza. 

Kemudian, pihak FIFA pun langsung melakukan evaluasi hukum yang mendesak ini dan berjanji akan mengatasinya pada pertemuan Dewan Luar Biasa yang rencananya diagendakan esok hari, Sabtu, 20 Juli 2024.

Namun, kini kabarnya timnas Israel U-23 tetap bisa berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 usai kongres FIFA beri hasil menunda pengambilan keputusan atas seruan Palestina tersebut pada hari Kamis, 18 Juli 2024, tepat empat hari sebelum laga pembuka Olimpiade Paris berlangsung.

BACA JUGA:Tumbangkan Brasil, Timnas Israel U-20 Melaju ke Semifinal Piala Dunia U-20 2023

BACA JUGA:Imbas Penolakan Timnas Israel: Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, Argentina Siap Gantikan Indonesia

Dikutip dari NBC News, alasan terkait penundaan keputusannya itu, FIFA masih perlu waktu yang lebih banyak untuk bisa menyelesaikan proses laporan ini dengan lebih hati-hati dan lengkap.

Sehingga, FIFA memutuskan kabar terbaru akan diambil setelah turnamen Olimpiade selesai diselenggarakan, yakni  paling lambat 31 Agustus mendatang.

“Menyusul permintaan perpanjangan dari kedua belah pihak untuk menyerahkan posisi masing-masing yang telah diberikan oleh FIFA, maka dari itu, diperlukan lagi lebih banyak waktu untuk bisa menyelesaikan proses ini dengan hati-hati dan lengkap,” kata FIFA dikutip dari akun resmi X-nya, Kamis, 18 Juli 2024.

Tindakan yang dipilih FIFA dan anggotanya kali ini bak standar ganda, pasalnya baru-baru ini, saat tahun 2022 baik FIFA maupun UEFA dengan sigap bertindak cepat untuk menangguhkan tim Rusia dari kompetisi mereka usai invasi yang dilakukan terhadap Ukraina. 

BACA JUGA:Ganda Campuran Mathias Christian Mundur dari Olimpiade Paris 2024, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Ganda Putra Dirugikan! PBSI Protes Keras BWF Soal Kesalahan Poin Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

“Menyusul keputusan awal yang telah diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA yang mempertimbangkan penerapan tindakan tambahan, FIFA dan  UEFA hari ini memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia baik timnas maupun klub dilarang berpartisipasi dalam kompetisi FIFA maupun UEFA. Untuk pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan yang dilontarkan FIFA kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: