Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik, Tembus Peringkat 133 Dunia

Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik, Tembus Peringkat 133 Dunia

Peringkat FIFA Indonesia naik satu tingkat ke posisi 133 dunia. --instagram @timnas.indonesia

HARIAN DISWAY - Timnas sepak bola Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menerbitkan ranking dunia terbaru pada Kamis, 18 Juli 2024 (Jumat WIB, Red).

Dari situ, dapat diketahui bahwa peringkat FIFA Indonesia naik satu tingkat ke posisi 133. itu adalah pencapaian terbaik skuad Garuda dalam ranking dunia sejak 13 tahun lalu, tepatnya sejak Juli 2011.

Skuad Garuda mengoleksi total 1108.73 poin, sehingga anak asuh Shin Tae-yong itu bisa naik peringkat.

BACA JUGA:Profil 4 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Bobol Gawang Filipina 6-0

Saat ini, Indonesia berada di bawah Thailand (peringkat 101) dan Vietnam (peringkat 115) namun berhasil mengungguli Malaysia (peringkat 134).


Elkan Baggot menyundul bola saat timnas Indonesia menghadapi timnas Argentina dalam Laga FIFA Matchday-elkanbaggot/Instagram-

Kenaikan peringkat itu diraih berkat kerja keras yang ditunjukkan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan tersebut, peringkat Indonesia terus menunjukkan peningkatan.

Bayangkan. Ketika baru ditangani Shin Tae-yong pada 2020, Indonesia menempati peringkat 175 dunia. Berarti, dalam 4 tahun, kita sudah melesat 42 level.

Bahkan, jika dibandingkan dengan ranking terburuk Indonesia di posisi 191 pada Agustus 2016, kenaikan peringkat telah melalui 58 level. Di level Asia secara keseluruhan, Indonesia menempati peringkat ke-23.

BACA JUGA:Profil Striker Naturalisasi Jens Raven Penutup Kemenangan Atas Timnas Filipina

BACA JUGA:Skuad Garuda Menang: Indra Sjafri Sebut Ini Bukan Permainan Konsisten, Tapi Cukup Baik Untuk Laga Pembuka Piala AFF U19 2024!

Indonesia naik ranking karena Kepulauan Solomon, yang sebelumnya berada di tangga ke-133, terjun bebas ke-141 setelah menelan dua kali kekalahan di Piala Oceania 2024.

Tim Garuda (sebutan timnas Indonesia) akan kembali menjalani laga internasional pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia. Kita melawan Arab Saudi dan Australia pada 5 dan 10 September 2024.

Sepanjang Juni 2024 lalu, Timnas Indonesia telah melakoni dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di dua laga tersebut, Indonesia kalah melawan Irak dan menang atas Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fifa