Joe Biden Umumkan Mundur dari Pilpres AS 2024, Siapa Penggantinya Sebagai Capres Partai Demokrat?

Joe Biden Umumkan Mundur dari Pilpres AS 2024, Siapa Penggantinya Sebagai Capres Partai Demokrat?

Isi surat lengkap pengunduran diri Joe Biden dari Bursa PPilpres AS 2024.-@joebiden-Instagram

HARIAN DISWAY - Dinamika Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) makin menarik diikuti. Setelah capres Donald Trump mengalami insiden penembakan, kini kandidat incumbent, Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya.

Biden yang kini masih menjabat sebagai Presiden AS mengumumkan mundur dari kontestasi pilpres lewat akun social media resminya di platform X.

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani Anda sebagai seorang presiden," tulis unggahan Joe Biden, Senin 22 Juli 2024.

Biden mengungkapkan bahwa ia sebenarnya berniat maju lagi dalam kontestasi Pilpres AS. Ia ingin bisa melanjutkan kepemimpinannya sebagai presiden Amerika Serikat selama empat tahun lagi.

Namun, ia akhirnya memutuskan mundur. Alasannya memang tidak spesifik. Bahkan terkesan normatif.

"Saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai saya dan negara jika saya mundur," tulis Biden.

Ia menyebut akan fokus memenuhi tugasnya sebagai presiden di sisa masa jabatannya.

"Saya akan berbicara secara nasional akhir minggu ini secara lebih rinci tentang keputusan saya," tulis Biden.

Tak ketinggalan, di unggahannya Biden juga membahas soal capaian selama menjadi Presiden Amerika Serikat, dalam empat tahun terakhir.

Biden juga berterima kasih kepada Kamala Haris selaku wakil presidennya. Bahkan Biden siap mendukung Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Joe Biden menjadi presiden AS sejak 20 Januari 2021. Ia sempat memutuskan maju kembali sebagai capres dari Partai Demokrat. Ia bakal bersaing lagi dengan lawannya di Pilpres 2020, Donald Trump.

Setelah Biden mengundurkan diri, siapa sosok yang akan menggantikannya Joe Biden sebagai capres dari Partai Demokrat?

Dikutip darri The Guardian, Minggu 21 Juli 2024, Partai Demokrat dijadwalkan mengumumkan kandidat presiden untuk Pilpres AS 2024 dalam Konvensi Nasional Demokrat 2024. Konvensi itu digelar di Chicago, 19-22 Agustus 2024.

Meski Joe Biden menyampaikan dukungan kepada Kamala Harris namun ada beberapa nama yang berpotensi menggantikan posisinya sebagai kandidat dari Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: