Biopolicy-Biopolitik Makan Siang Gratis

Biopolicy-Biopolitik Makan Siang Gratis

ILUSTRASI biopolicy-biopolitik makan siang gratis.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Siapa pun yang memerintah, program makan siang gratis di sekolah menjadi keharusan, bukan alternatif. Selama ini kita semua, para guru, kepala sekolah, dan masyarakat tidak tahu akses siswa terhadap sarapan dan makan siang. 

Dengan begitu, ada siswa yang mengantuk, tidak bersemangat mengikuti pelajaran. Yang terpenting, seperti yang kita bayangkan, konsep makan siang di sekolah merupakan kebijakan untuk membuat sehat semua siswa yang bersekolah (biopolicy) dan biopolicy itu menawarkan titik awal untuk menolak narasi yang berfokus pada pilihan yang umum tentang makan yang bertanggung jawab. 

Versi populer dari narasi ini yang individualistis menunjukkan bahwa seseorang yang membuat pilihan makanan yang bertanggung jawab layak mendapatkan hidup yang panjang, sehat, dan bahagia meskipun ada bukti kuat bahwa kesenjangan kesehatan dibentuk oleh faktor sosial, relasional, dan spasial (Crawshaw, 2014).

Makan siang di sekolah sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan siswa, terutama bagi siswa dengan orang tua berpenghasilan rendah dan memastikan bahwa siswa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan sepanjang hari untuk belajar. 

Standar gizi makanan sekolah yang baru memiliki dampak positif terhadap pemilihan dan konsumsi makanan siswa, terutama untuk buah-buahan dan sayuran. 

Sekolah menyediakan nutrisi yang dibutuhkan siswa untuk pertumbuhan, perkembangan, pembelajaran dan kesehatan secara keseluruhan, terutama bagi anak-anak dan remaja yang paling rentan yang paling rentan di negara ini, terutama bagi anak-anak dan remaja. (*)


Siti Aminah adalah direktur Center for Security and Welfare Studies (CSWS), FISIP, Unair--

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: