Menuju Hari Hepatitis Sedunia, Kemenkes Ajak Masyarakat Dukung Upaya Eliminasi Hepatitis Tahun 2030

Menuju Hari Hepatitis Sedunia, Kemenkes Ajak Masyarakat Dukung Upaya Eliminasi Hepatitis Tahun 2030

ilustrasi virus hepatitis pada hati manusia-freepik-

“Program ini inisiasi tahun 2022 dan secara bertahap kita lakukan di tingkat provinsi ya. Jadi untuk tahap pertama dilakukan di 34 kabupaten/kota, kemudian sampai tahun ini sudah diberikan di 180 faskes di 34 kabupaten/kota di 17 provinsi. Tahun ini kita akan mengembangkan lagi untuk bisa ke 1.230 pelayanan maupun di puskesmas maupun rumah sakit,” kata dr. Imran.

BACA JUGA:Selain Bikin Obesitas hingga Kanker, Waspadai Kelebihan Gula karena Risiko Ini

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga berupaya untuk menyediakan obat Direct Acting Antiviral (DAA) untuk pengobatan Hepatitis C kepada penderita. Pengobatan ini memberikan harapan kepada pasien dengan memberikan kesembuhan lebih dari 95%.

“Untuk pengobatan Hepatitis C dengan DAA ini, kami sudah menyediakan di 33 provinsi, dan di tahun 2024 ini ditargetkan semua provinsi itu sudah punya rumah sakit yang bisa memberikan layanan pengobatan Hepatitis C dengan DAA,” ungkapnya.

Sesuai dengan tema nasional Hari Hepatitis Sedunia tahun ini, Kemenkes mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam pencegahan hepatitis dengan mengedukasi diri sendiri dan lingkungan sekitar, mengikuti skrining kesehatan, dan meningkatkan kesadaran melalui media sosial.(*)

Artikel ini ditulis oleh Davina Evelyn Adelia, mahasiswa Universitas Airlangga, peserta Magang Reguler Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: temu media kemenkes