Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli, Begini Sejarahnya

Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli, Begini Sejarahnya

Sejarah di balik peringatan Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli. --Disway/istimewa

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal 30 Juli, masyarakat Indonesia memperingati Hari Ikrar Gerakan Pramuka. Itu adalah salah satu hari penting dalam kalender gerakan Pramuka di Indonesia.

Peringatan Hari Ikrar Gerakan Pramuka berlangsung setiap tahun, tepat dua minggu sebelum Hari Gerakan Pramuka yang dirayakan pada 14 Agustus. Namun, bagaimana sejarah di balik peringatan itu? Berikut penjelasannya.

Sejarah Hari Ikrar Gerakan Pramuka 

Peristiwa penting dalam sejarah Hari Ikrar Pramuka terjadi pada 30 Juli 1961 di Istora Senayan, Jakarta. Pada hari itu, semua tokoh kepanduan Indonesia sepakat untuk menggabungkan diri dalam satu organisasi yang dikenal sebagai gerakan Pramuka.

Sebelumnya, pada tanggal 9 Maret 1961, Presiden Soekarno telah mengumpulkan para tokoh kepanduan Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Presiden menerima masukan dari berbagai pihak untuk melakukan reformasi terhadap organisasi kepanduan yang ada.

BACA JUGA:Kwarnas dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Desak Revisi Permendikbud No 12/2024

Saat itu, aktivitas pendidikan di dalam organisasi kepanduan dirasa perlu untuk dipulihkan. Selain itu, keberadaan berbagai organisasi kepanduan yang terpisah-pisah menjadi alasan untuk menyatukan mereka di bawah satu payung organisasi yang baru dengan nama Pramuka.

Presiden Soekarno kemudian membentuk sebuah panitia untuk merancang gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI Nomor 121 Tahun 1961, yang ditandatangani pada 11 April 1961. Anggota panitia tersebut terdiri dari tokoh-tokoh. Seperti Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Aziz Saleh, Muljadi Djojo Martono, dan Achmadi.

Tugas utama panitia tersebut adalah menyusun anggaran dasar gerakan Pramuka yang kemudian diresmikan melalui Lampiran Keputusan Presiden R.I Nomor 238 Tahun 1961, tertanggal 20 Mei 1961.

Dengan pembentukan itu, gerakan Pramuka lahir sebagai satu kesatuan yang menggabungkan berbagai elemen kepanduan di Indonesia untuk tujuan pembinaan generasi muda secara holistik dan patriotik.

BACA JUGA:Atalia Praratya Pimpin Kwarda Jabar Tolak Permendikbudristek Tentang Penghapusan Kewajiban Ekskul Pramuka

Makna Peringatan Hari Ikrar Gerakan Pramuka


Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli, Begini Sejarahnya. Ilustrasi para pelajar Pramuka. --Disway Jogja

Hari Ikrar Gerakan Pramuka yang diperingati setiap tanggal 30 Juli memiliki makna yang sangat mendalam bagi seluruh anggota Pramuka di Indonesia. Peringatan itu bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi momen untuk merenungkan sejarah, nilai-nilai, dan tujuan dari gerakan Pramuka itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: