Kejagung Minta Imigrasi Cekal Ronald Tannur Agar Tak Kabur ke Luar Negeri

Kejagung Minta Imigrasi Cekal Ronald Tannur Agar Tak Kabur ke Luar Negeri

Kapuspenkum Kejaksaan Harli Siregar Harli menyampaikan Upaya Kejagung yang minta Ditjen Imigrasi untuk mencekal Ronald Tannur keluar negeri, Rabu, 7 Agustus 2024. -Puspenkum Kejaksaan Agung-

Hakim yang memimpin sidang putusan tersebut, Erintuah Damanik menyatakan alasannya memberikan vonis bebas kepada Ronald Tannur karena tidak ada bukti yang cukup untuk menguatkan dakwaan jaksa penuntut umum.

Tuntutan awal kepada Ronald Tannur adalah hukuman penjara selama 12 tahun sesuai pada Pasal 338 KUHP.

“Sidang telah mempertimbangkan dengan seksama dan tidak menemukan bukti yang meyakinkan bahwa terdakwa bersalah seperti yang didakwa,” ucap Erintuah membacakan putusan.

BACA JUGA:KY Siap Turunkan Tim Investigasi Periksa Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur, Ada Dugaan Pelanggaran Etik

BACA JUGA:Gregorius Ronald Tannur Karang Penyebab Kematian Dini

Kemudian, Erintuah memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar segera membebaskan terdakwa dari tahanan setelah putusan dibacakan.

“Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan, memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan setelah putusan ini diucapkan, memberikan hak-hak terdakwa tentang hak dan martabatnya,” lanjut Erintuah saat pembacaan putusan pada sidang putusan pada Rabu, 24 Juli 2024 lalu.

 

*) Artikel ini ditulis oleh Navara Darisya Salma dari Universitas Airlangga, reporter magang Disway Internship Program Batch 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id